Zinedine Zidane Kandidat Kuat Pelatih Timnas Perancis

FFSPORTZ.COM – Sang Presiden Federasi sepak bola Perancis (FFF) Noel Le Graet telah memberikan sinyal bahwa Zinedie Zidane adalah calon kuat pelatih Timnas Perancis.  Zidane dipersiapkan bila pelatih Perancis Didier Deschamps tak menjabat lagi. Pria yang lahir pada 23 Juni 1972 tersebut merupakan salah satu mantan pesepakbola terbaik Perancis. Zidane meraih kesuksesan bersama Real Madrid diantaranya tiga gelar Liga Champions secara beruntun.

Mundur usai Piala Dunia ternyata Zidane sempat menjadi pemain terbaik FIFA

Pria yang bernama asli Zinedine Yazid Zidane tersebut adalah seorang pesepakbola muslim. Zidane memutuskan untuk mundur dari skuad Timnas Perancis setelah Piala Dunia 2006 tepatnya 25 April 2006. Diketahui bahwa klub terakhir Zidane adalah Real Madrid sebelum pensiun dari jagad sepakbola. Meskipun “duri menusuk” Zidane di akhir kariernya sebagai pesepak bola yaitu kasus Zidane yang menanduk dada Marco Materazzi, akan tetapi Zidane berhasil terpilih menjadi pemain terbaik Piala Dunia 2006 versi FIFA.

Pesepakbola berkebangsaan Aljazair tersebut berhasil terpilih menjadi pemain terbaik FIFA dengan 2012 poin. Posisi kedua kapten italia Fabio Cannavaro dengan 1977 poin dan di posisi ketiga ada pemain Italia Andrea Pirlo dengan torehan 715 poin. Diketahui alasan Zidane dipilih menjadi pemain terbaik karena mampu menampilkan permainan sepakbola yang menawan.

Kiprah menarik Zidane setelah pensiun di Timnas Perancis

Setelah pensiun dari sepakbola profesional, Zidane didapuk sebagai seorang pelatih.  Tepatnya yaitu 10 tahun lalu pada tahun 2010, Zidane ditunjuk sebagai special adviser untuk Klub utama Real Madrid. Setahun kemudian, Zidane didapuk menjadi Direktur Olahraga Real Madrid setelah itu pada tahun 2013, Zidane ditunjuk menjadi Asisten pelatih dari pelatih Real Madrid saat itu Carlo Ancelotti. Setahun kemudian yaitu pada 2014, Zidane mulai melatih Real Madrid Castilla atau Real Madrid B. putranya, Enzo Zidane bermain di klub tersebut dan membawa tim tersebut mampu finis sebagai runner Up di akhir musim.

Meski sempat diketahui Dia tidak memiliki lisensi seorang pelatih, akhirnya pada 2016 lalu Zidane resmi menjadi pelatih utama Real Madrid. Di bawah asuhan Zidane, rela Madrid berhasil merebut empat gelar yakni La liga, UEFA super Cup, Liga Champions ( 2016, 2017, 2018) dan Piala Dunia Antar Klub. Dengan torehan tersebut, Zidane diberi gelar pelatih terbaik dunia dan Real Madrid. Diketahui bahwa pelatih Timnas Perancis saat masih dipegang Didier Deschamps hingga 2022, dan Zidane juga masih terikat kontrak bersama real mdrid juga pada 2022 mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here