Yayuk Basuki Berikan Saran

FFSPORTZ.COMYayuk Basuki – Bila anda penggemar tenis pastinya sudah tak asing dengan sosok legenda tenis putri Indonesia. Dia adalah Yayuk Basuki. Petenis yang kini berusia 47 tahun itu berikan pernyataannya terhadap atlet tenis di Tanah Air saat ini. Legenda tenis Indonesia yang terkenal pada era 1990-an itu menilai kalau tantangan atlet masa kini jauh lebih mudah daripada di masa dirinya aktif dulu di olahraga raket itu. Dia mengatakan kalau sekarang pemerintah jauh lebih perhatian kepada atletnya. Pemilik nama lengkap Nani Rahayu Basuki menjelaskan kalau pemerintah saat ini benar – benar memperhatikan kesejahteraan dari para pelaku olahraga dan itu lebih baik ketimbang pada saat dia dan atlet lain dulu.

Dibuai dengan segala perhatian buat atlet manja

Yayuk Basuki juga memberikan antisipasi terhadap apa sudah diberikan pemerintah kepada para atlet. Menurut perempuan yang lahir pada 30 November 1972 tersebut, kondisi ini malah akan menjadi ujian besar bagi atlet. Kondisi yang serba ada, dibuai dengan imbalan besar, serba enak, dan lainnya akan membuat atlet terlena dan bahkan manja. Dia mengatakan kalau para atlet seharusnya memikirkan latihan untuk menjaga kondisi, perhatikan asupan makanan, dan berlatih. Pemegang gelar enam tour WTA itu berharap kalau segala persiapan dan latihan yang fokus agar membuat para atlet tenis bisa menampilkan permainan yang bagus saat bertanding.

Angota DPR Pusat dan sekaligus Ketua Umum Indonesian Olimpian Association itu juga menambahkan kalau jaminan hidup layak dari pemerintah malah kadang membuat atlet kehilangan fokus karena mereka merasa bahwa hidup mereka sudah mapan dan masa depan terjamin. Yayuk juga menyebutkan adanya kesalahan dari pihak pemerintah, terutama pihak manajemen yang memberikan uang saku bagi atlet Pelatnas. Hal ini dinilainya dapat menjadi ganjalan untuk prestasi atlet. Atlet tenis pertama Indonesia yang telah mencapai babak perempat final Wimbledon pada tahun 1997 itu menyatakan kalau uang bulanan atlet tenis atau atlet pelatnas pada umumnya, sekarang lebih besar daripada gaji PNS. Memang semua itu sudah sesuai arahan undang – undang Sistem Keolahragaan Nasional (SKN) di Indonesia. Namun demi menata kembali dan membuat atlet semakin lebih baik dan terpacu lagi tidak ada salahnya jika ada pembenahan.

Yayuk Basuki berikan saran kepada Menpora

Tidak tanggung – tanggung, ditambah lagi dirinya yang sekarang ini menjadi anggota dewan, Yayuk pun memberikan saran kepada Menpora, Zainudin Amali. Ia menyarankan agar Menpora merevisi UU Nomor 3 tahun 2005 tentang SKN agar lebih spesifik untuk membahas kesejahteraan pelaku olahraga.  Menurutnya, atlet yang berprestasi harus mendapat apresiasi yang lebih baik dari rekan – rekannya yang lain di Pelatnas. Selain itu Pemerintah pusat akan saling bersinergi dengan pemerintah daerah dan harus benar – benar tepat sasaran.

Menurut petenis yang pensiun pada 2013 itu, ia menyebutkan bahwa atlet daerah harus menjadi tanggung jawab pemerintah daerah. Begitu halnya dengan atlet yang  mewakili Indonesia untuk ajang internasional atau yang berada di Pelatnas merupakan tanggung jawab pemerintah pusat. Selain itu, Yayuk juga mengusulkan Undang – Undang Olahraga direvisi untuk mengatur asuransi bagi atlet. Di akhir penuturannya, yayuk mengatakan kalau ini hanya salah satu ide dari sekian banyak ide. Dirinya siap kapan saja jika dibutuhkan untuk memberikan masukan bagi dunia olahraga Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here