Tim Voli Indonesia
jupiterlotto

FFSPORTZ.COMVoli Indonesia – Jika dilihat dari segi kepopulerannya, Olahraga bola voli masih kalah dibandingkan dengan sepak bola. Tidak hanya di level dunia, Di dalam negeri sendiri pun nampaknya voli masih kurang begitu mendapatkan tempat. Meskipun sepak bola menjadi olahraga nomor satu di negeri ini, akan tetapi dalam bentuk tim nasional, Indonesia masih belum mampu berbicara banyak di level internasional. Tidak usah jauh – jauh di level dunia, untuk level Asia Tenggara saja prestasi Indonesia masih kalah dengan negara tetangga. Perkembangan dunia sepakbola Tanah Air misalnya, masih kalah dengan Thailand, Malaysia dan Vietnam. Berbanding terbalik dengan sepak bola, olahraga voli Indonesia yang kurang begitu diminati masyarakat namun dari segi prestasi bisa dikatakan lebih baik malah jauh.

Bola voli Indonesia miliki prestasi yang membanggakan

Pada ajang SEA Games 2019  kemarin yaitu di Filipina,  cabang olahraga voli indoor putra menjadi kampiun dengan menyabet medali emas. Tercatat, untuk SEA Games sendiri prestasi Timnas voli Indonesia telah menorehkan prestasi yang patut dibanggakan. Untuk cabang voli, Indonesia meraih total ada  10 emas, 6 perak dan 5 Perunggu. Untul level Asia, tim putra pernah tembus 8 besar kejuaraan Asia di tahun 2009. Untuk putri, pada ajang SEA Games memang masih belum semaksimal putra, meskipun begitu pada SEA Games 2019 kemarin, tim putri mampu meraih perunggu. Selain itu, tim putri bahkan masuk babak kualifikasi Olimpiade 2020 Tokyo.

Media – media Tanah Air kurang begitu banyak membahas perkembangan olahraga voli. Mungkin malah lebih banyak media luar yang kerap membahas voli misalnya Thailand. Diketahui memang Thailand begitu memperhatikan perkembangan olahraga bola voli mereka. walhasil, tak sia – sia, timnas voli Thailand cukup mampu berbicara banyak di kancah Internasional. Bahkan untuk sektor putri mereka telah mampu menembus dunia. Sebagai informasi saja, di Thailand juga terdapat televisi khusus untuk olahraga sehingga olahraga di sana benar – benar diperhatikan segala aspeknya, maka tak heran masyarakatnya turut ambil bagian dalam memajukan olahraga terutama voli dan sepak bola.

Olahraga bola voli Indonesia diharapkan bisa bangkit

Seiring dengan hadirnya turnamen voli Proliga, kini pervolian tanah air mulai bergeliat. Saat ini, Proliga ternyata cukup menjadi magnet voli bagi generasi muda daerah dan hebatnya, bahkan atlet voli dari mancanegara. Banyak atlet asing dari berbagai negara yang berkompetisi di ajang Proliga. Saat ini bisa dikatakan bahwa Proliga sebagai turnamen bola voli yang paling bergengsi di Indonesia. Selain Proliga masih ada juga Livoli. Ajang Livoli dan Proliga  memiliki beberapa pemain Proliga juga ada yang bermain yang sama namun dengan klub yang berbeda.

Meskipun begitu, harus diakui bahwa Proliga nampaknya masih belum maksimal. Hal ini dikarenakan hanya diikuti klub voli yang itu – itu saja. Dari segi jumlah, sejauh ini untuk masih belum terlalu banyak rata – rata masih di bawah 10 klub yang bermain. Meskipun begitu untuk atlet – atlet voli Tanah Air kita patut diacungi jempol. Ada dua pemain Indonesia yang mampu berlaga di Thailand, mereka adalah Aprilia Manganang dan Rivan Nurmulki. Mereka tercatat bermain bagus di sana dan bahkan klub yang mereka bela menjadi juara. Harapanya, kedepan Pemerintah terutama pengurus PBVSI agar lebih memperhatikan voli dengan lebih baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here