Liga Voli Putri Amerika Serikat
jupiterlotto

FFSPORTZ.COMLiga Voli Putri Amerika Serikat – Jauh pada Agustus 2019 lalu, Tim nasional voli putra Amerika Serikat  telah sukses mengamankan tempat pada Olimpiade Tokyo 2020. Tiket menuju di gelaran olahraga terbesar di dunia itu diraih Timnas voli putra Amerika usai mengalahkan Belanda. Dengan demikian, Timnas voli putra Negeri Paman Sam itu memastikan diri tampil pada Olimpiade untuk ke-10 kalinya secara beruntun. Sejauh ini, prestasi terbaik mereka adalah meraih medali emas pada Olimpiade 1984, 1988 dan 2008. Sementara untuk Olimpiade 2016 Rio kemarin, mereka telah meraih medali perunggu. Tak jauh beda dengan tim putra, Timnas voli putri mereka juga lolos di Olimpiade Tokyo. Dibalik prestasi dan pencapaian yang gemilang Timnas voli Amerika Serikat, ternyata mereka menyimpan cerita yang cukup menyedihkan.

Amerika Serikat kembali Gelar Liga Voli Wanita setelah 18 tahun

Perjuangan atlet voli Amerika Serikat, terutama untuk sektor putri ternyata jauh dari dugaan. Setelah apa yang telah para atlet voli, misalnya yang terdekat adalah lolos ke Olimpiade Tokyo, ternyata selama kurang lebih 18 tahun, Amerika Serikat tidak menyelenggarakan kompetisi. Namun kini liga voli putri Amerika Serikat patut berbangga. Pada akhir Juni lalu, dikabarkan bahwa Amerika Serikat siap memulai menggelar liga voli profesional. Para pevoli putri Amerika Serikat kini memiliki kesempatan untuk bersaing di negara mereka sendiri.

Penyelenggaraan liga ini merupakan hasil dari inisiatif yang dikeluarkan oleh Asosiasi olahraga wanita Amerika Serikat (Athletes Unlimited) beberapa waktu lalu. Sehingga, dengan adanya aturan ini, liga profesional voli wanita Amerika Serikat akan dihidupkan kembali pada bulan Februari 2021 mendatang. Kabar tersebut menjadi kabar yang sangat baik bagi semua penggemar bola voli, tidak hanya penggemar voli di Amerika Serikat, akan tetapi juga bagi semua penggemar voli di dunia. Selain itu, ini akan menjadi pasar yang menarik bagi para pemain, agen, pelatih, pencari bakat, dan staf bola voli lainnya.

Liga voli Amerika Serikat alami kerugian finansial

Terakhir kali bola voli putri Amerika Serikat diizinkan terlibat dalam liga profesional adalah pada tahun 2003. Setelah itu liga dihentikan karena kurangnya minat pengiklan yang menyebabkan kerugian finansial. Sebelumnya, situasi yang sama juga dialami liga voli putra mereka. Namun, untuk liga voli putra sudah diluncurkan kembali pada tahun 2017 lalu. Liga voli putra Amerika Serikat dimainkan dalam dua bentuk kompetisi secara terpisah yakni National Volleyball Association (NVA) dan Volleyball League of America (VLA). Meskipun mereka memunculkan beberapa nama besar bola voli AS di musim pertama, tren itu belum berlanjut di tahun-tahun berikutnya.

Kembali kepada pembahasan liga voli putri Amerika Serikat dimana proyek tersebut didukung oleh Federasi Amerika Serikat. Mereka yang akan menyediakan berbagai layanan penasehat strategis. Liga akan berlokasi di satu kota dengan semua pertandingan dimainkan di satu tempat selama 6 minggu.  Rencanannya, kompetisi liga voli putri mereka akan menampilkan 48 pemain. Termasuk didalamnya pemain terbaik dunia, anggota tim nasional Amerika Serikat, pemain voli profesional dan pemain voli lulusan NCAA.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here