Petenis Dunia

FFSPORTZ.COMUS Open 2020 – Kabar gembira datang dari jagad tenis, beberapa hari lalu banyak dikabarkan akan digelar berbagai turnamen tenis ekshibisi di berbagai negara di daratan Eropa. Kali ini ada informasi menarik  masih seputar tenis yaitu turnamen tenis Grand Slam Amerika Serikat Terbuka atau US Open. Pihak penyelenggara akan menerapkan banyak aturan baru untuk edisi 2020 sebagai langkah pada masa Pandemi virus Covid-19.  Seperti yang sudah diketahui bersama bahwa turnamen tenis US Open merupakan salah satu turnamen Grand Slam dalam dunia tenis yang dijadwalkan pada bulan Agustus atau September setiap tahunnya.

Turnamen US Open terapkan aturan baru ditengah pandemi Corona

Dikabarkan bahwa turnamen tenis US Open adalah turnamen yang bakal digelar pertama sejak ditangguhkan karena wabah corona. Pada gelaran kali ini, turnamen US Open menerapkan aturan baru yaitu disediakannya pesawat khsusus bagi setiap pemain. Menurut laporan dari The Times, US Open akan bekerja sama degan Fly Emirates sebagai sponsor turnamen untuk menyediakan pesawat khusus. Pesawat khusus tersebut nantinya akan tersedia di setiap benua untuk memastikan para pemain tiba dengan selamat di tempat diselenggarakannya turnamen. Untuk US Open kali ini rencananya bakal digelar di Flushing Meadows, New York sebagai Venue US Open.  Berikut aturan baru US Open 2020yang diterapkan oleh Penyelenggara.

  1. Sebelum naik ke pesawat menuju Amerika Serikat, setiap atlet tenis tetap harus menjalani tes virus corona terlebih dahulu. Seluruh pemain nantinya hanya diperbolehkan untuk membawa satu pelatih.
  2. Kemudian, peraturan lain yang akan diterapkan yaitu pertandingan tidak menggunakan hakim garis di tepi lapangan. Sebagai penggantinya, wasit utama akan mendapat fasilitas layar dan bantuan alat komunikasi. Dengan adanya layar tersebut, wasit utama bisa melihat jalanya pertandingan sebab layar sudah terhubung dengan beberapa kamera yang diletakkan di pinggir lapangan.
  3. Kemudian alat bantu ditelinga atau pendengaran wasit akan mengeluarkan bunyi khusus ketika bola mendarat di luar garis. Layar dan alat bantu telinga tersebut bertujuan membantu wasit menentukan bola keluar atau masuk tanpa bantuan hakim garis.
  4. Peraturan selanjutnya, US Open 2020 kali ini kemungkinan tidak lagi menggunakan pengambil bola (Ball Boy) anak – anak, melainkan orang dewasa. Menurut laporan dari The Times, opsi itu diambil demi untuk melindungi populasi anak – anak di New York.
  5. Akses pemain di arena akan diperketat dengan cara menutup area tertentu hingga pembatasan waktu menggunakan lapangan latihan.

Sejauh ini, Jadwal US Open 2020 masih belum alami perubahan yaitu 24 Agustus – 13 September. Seperti yang sudah diketahui bersama, pandemi corona sudah mempengaruhi jadwal turnamen tenis dunia diantaranya dua turnamen Grand Slam  Wimbledon dan Perancis Terbuka(French Open). Selain itu masih ada kemelut tentang jadwal turnamen French Open yang sudah berganti jadwal yaitu 20 September-4 Oktober. French Open masih berpeluang ditunda atau malah dibatalkan sebab jadwal baru French Open itu hanya berjarak satu pekan dengan US Open. Hal ini ditengarai pihak penyelenggara French Open tidak berkoordinasi dengan ITF ATP, maupun WTA ketika menentukan jadwal baru Perancis Terbuka. Demikian sejumlah aturan baru turnamen US Open 2020 ditengah pandemi corona. Semoga dapat memberikan wawasan baru untuk anda penggemar tenis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here