UEFA Didesak Asosiasi Sepak Bola Eropa Untuk Undur Gelaran Piala Eropa 2020

FFSPORTZ.COM – Seperti yang sudah dirilis oleh pihak UEFA, bahwa gelaran Piala Eropa 2020 akan dihelat pada 12 Juni – 12 Juli mendatang. Namun seiring dengan ancaman wabah virus corona, pelaksanaan Piala Eropa nampaknya tidak akan berjalan dengan mulus. Harap diketahui bahwa wabah corona sudah membuat sejumlah event penting baik olahraga atau yang lainnya ditunda dan bahkan dibatalkan. Negara Italia adalah negara yang paling besar terdampak virus covid-19 ini, dan Italia adalah salah satu negara penyelenggara Piala Eropa 2020, maka dari itu nampaknya wacana penundaan Piala Eropa bisa saja dikeluarkan. Meski berdampak pada jadwal, namun keputusan keselamatan warga negara dari virus corona jauh lebih penting

Pihak UEFA didesak untuk tunda gelaran Piala Eropa 2020

Mengutip dari Pikiran-Rakyat.com, menuliskan bahwa nasib keberlangsungan Piala Eropa 2020 ada ditangan Presiden UEFA yaitu Aleksander Ceferin. Pihak UEFA sudah membentuk badan khusus untuk mengatasi virus corona yang semakin mewabah di Eropa.  Satuan tugas ini juga sudah banyak berdiskusi terkait opsi lain yaitu memindahkan lokasi gelaran Piala Eropa 2020 ke tempat yang paling minim terdampak virus corona. Akan tetapi sejumlah asosiasi sepak bola di Eropa kabarnya sudah mendesak pihak UEFA untuk menunda gelaran Piala Eropa 2020 ini.

Dengan adanya banyak desakan dari beberapa asosiasi sepak bola Eropa, menurut informasi terbaru Media Italia yaitu Tuttosport mengatakan bahwa Piala Eropa mungkin ditunda karena banyaknya desakan dari anggota – anggota UEFA. Bahkan sebagian besar anggota asosiasi tersebut ada yang memohon pada UEFA untuk menggeser Piala Eropa 2020 ke tahun depan yaitu Piala Eropa akan digelar pada tahun 2021. Meski UEFA dilaporkan bersikukuh tetap menggelar Piala Eropa 2020 sesuai jadwal, namun Presiden UEFA, Aleksander Ceferin kini harus membuat keputusan besar akibat mewabahnya virus corona.

Sejumlah kompetisi sepak bola Eropa banyak yang tidak berjalan mulus

Sudah banyak informasi mengenai kompetisi – kompetisi sepak bola Eropa yang tetap berjalan meski kurang maksimal. Sejumlah gelaran liga – liga di beberapa negara sudah dihentikan atau ditunda demi keselamatan warganya.  Seperti leg kedua babak 16 besar Liga Champions antara Valencia vs Atalanta harus digelar tanpa penonton. Lalu Liverpool vs Atletico Madrid dan Bayern Munich vs Chelsea. Sejumlah kompetisi sepak bola di negara-negara Eropa misalnya  La Liga dan Bundesliga menggelar pertandingan tanpa penonton dan sedikit beda di Ligue 1 yang memberi kesempatan sekitar seribu penonton yang boleh masuk ke stadion.

Semnetara untuk Premier League memberlakukan aturan tidak jabat tangan di awal pertandingan. Bahkan di Italia memutuskan untuk menunda gelaran Serie A hingga 3 April mendatang sesuai denga keputusan Pemerintah Italia. Untuk ajang Liga Eropa, laga antara wakil Austria yaitu LASK akan melawan Manchester united akan berlangsung tanpa penonton.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here