UEFA Berikan Kriteria Klub La Liga Lolos Liga Champions 2020-2021

FFSPORTZ.COMUEFA – Jika anda penggemar sepak bola, terlebih lagi pecinta liga Europa atau Liga Champions ada kabar menggembirakan. Diketahui bersama kalau liga – liga paling prestis di Eropa yaitu Liga Europa dan Liga Champions telah ditangguhkan akibat mewabahnya virus corona. Kedua turnamen tersebut terhenti saat baru memasuki babak 16 besar. Kali ini kabar datang dari Pihak UEFA dimana mereka diberitakan sudah memberikan kriteria klub yang lolos Liga Champions dan Liga Europa di musim depan.

Keputusan RFEF dan UEFA ditentang LaLiga

Setelah mendapat pengumuman dari UEFA, Komisi Delegasi Federasi Sepak Bola Spanyol atau RFEF mengumumkan kriteria klub yang lolos ke turnamen antar klub Eropa di kompetisi musim depan yaitu 2020-2021. Pada saat yang sama juga, dalam pertemuan di Las Rozas pada Kamis, 16 April 2020, delegasi dari RFEF mengesahkan untuk memperpanjang tanggal untuk menyelesaikan musim 2019-2020. RFEF menginginkan musim ini bisa diselesaikan meski harus berjalan sampai September 2020. Selain itu mereka juga menetapkan untuk musim depan diatas 30 Juni 2020.

Sementara dari pihak LaLiga selaku divisi tertinggi Liga Spanyol menentang pengumuman itu. Hal ini disebabkan UEFA menyampaikan hanya pada RFEF, belum menyampaikan ke LaLiga.  LaLiga berpendapat kalau dengan adanya keputusan itu berarti sudah menyatakan musim 2019-2020 ini sudah selesai. LaLiga baru malam tadi mengadakan rapat, mereka tidak setuju dengan dengan keputusan delegasi RFEF. Sebab, hal ini berarti berdasar posisi klub dalam klasemen LaLiga sekarang mengabaikan hasil final Copa Del Rey sehingga membuat klub diurutan ketujuh saat ini yaitu Valencia mendapat satu tempat di Liga Europa musim depan. Saat ini ada 20 klub LaLiga yang masing – masing sudah menyelesaikan 27 pertandingan dan menyisakan 11 pertandingan.

UEFA jamin Atletico Madrid masuk Liga Champions musim depan

Saat ini Atletico Madrid berada di posisi ke enam Klasemen Sementara LaLiga. Atletico Madrid terancam gagal masuk ke liga Champions musim depan jika musim ini tidak dapat dilanjutkan. Ternyata muncul pengumuman bahwa pihak RFEF akan melanjutkan sisa laga musim ini, mereka juga mengumumkan klub yang lolos kejuaraan bergengsi antarklub Eropa musim kompetisi depan, 2020-2021. Empat klub yang dinyatakan lolos yaitu Barcelona, Real Madrid, Sevilla, dan Real Sociedad akan lolos kualifikasi ke Liga Champions.

Sementara menurut Cadena Cope, UEFA ingin memberi undangan khusus bagi Atletico pada Liga Champions 2020-2021 jika seandainya laga LaLiga tidak dilanjutkan. Keputusan ini didasarkan atas prestasi Los Rojiblancos di kompetisi antar klub Eropa beberapa tahun terakhir. Klub yang dinahkodai Diego Simeone tersebut diketahui memang meraih tempat di final Liga Champions pada 2014 dan 2016 fase – fase akhir kompetisi beberapa kali. Atletico Madrid yang saat ini berada urutan ke enam dan Getafe di urutan ke lima klasemen sementara dinyatakan lolos kualifikasi Liga Europa bersama pemenang Copa Del Rey. Jika Athletico Bilbao menang, maka akan menemani Getafe dan Atletico di Liga Europa, namun jika Real Sociedad yang menang, Real Sociedad akan ke Liga Champions.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here