UEFA Bantu Pulihkan Finansial Federasi Dan Klub Sepakbola Eropa

FFSPORTZ.COMSepakbola Eropa – Pandemi corona atau Covid-19 telah melanda seluruh dunia sehingga membuat hampir semua bidang kehidupan manusia menjadi terganggu bahkan harus terhenti. Begitu juga dengan gelaran olahraga sepak bola dunia. Kali ini informasi datang dari Federasi sepak bola Eropa (UEFA) yang memberikan dana bantuan kepada 55 Federasi Anggotanya. Akibat wabah corona yang berkepanjangan, banyak Federasi sepak bola dunia yang alami masalah dengan finansial mereka. Maka dari itu dana yang diberika UEFA diharapkan mampu mengatasi krisis keuangan para Federasi anggotanya.

UEFA sumbang para Federasi di bawah naungannya

Menurut laporan dari Football Italia pada Selasa 28 April 2020 kemarin, pihak UEFA telah mengeluarkan dana sebesar 236,5 juta Euro atau sekitar Rp 3,9 triliun untuk seluruh Federasi di bawah naungannya. Menurut sebuah sumber, dana tersebut berasal dari program HatTrick yang dibentuk pada tahun 2000 yaitu mendukung proyek – proyek pengembangan bagi setiap Federasi anggota UEFA. Selain itu dana bantuan ini diharapkan bisa membantu menutupi biaya operasional dan untuk membantu mengembangkan bidang yang diprioritaskan untuk sepak bola domestik. Namun, UEFA telah memutuskan untuk mengizinkan setiap Federasinya untuk menetapkan prioritasnya.

Menurut pernyataan dari sang Presiden UEFA, Aleksander Caferin mengatakan kalau olahraga sepak bola menghadapi tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya yaitu disebabkan oleh Covid-19. Pihaknya berusaha ingin membantu para anggotanya untuk mengatasi masalah tersebut.  Kabarnya, setiap anggota Federasi akan menerima 4,3 juta euro atau sekitar Rp 71,7 miliar. Dana bantuan tersebut akan di transfer ke rekening masing – masing Federasi anggota dalam dua periode. Dana tersebut akan dibayarkan untuk sisa musim ini dan musim berikutnya dimana sebagai bagian dari dana investasi yang dapat digunakan anggota – anggota mereka untuk membangun ulang sepak bola dibawah naungan Federasi masing – masing.

UEFA begitu peduli dengan nasib klub yang mengalami krisis

Selain memberikan sejumlah dana untuk Federasi dibawah naungannya, UEFA sebenarnya juga sudah mengeluarkan dana  bantuan. Akan tetapi, dana yang sebelumnya tersebut diperuntukan bagi klub sepak bola yang mengalami krisis imbas dari corona. Tercatat, UEFA telah membantu keuangan klub – klub sepak bola lebih kurang sebesar 70 juta euro atau sekitar Rp 1,17 triliun. Dana kompensasi tersebut menjadi hak bagi para klub yang pemainnya tampil di tim nasional dalam fase kualifikasi Euro 2020 dan dibagikan setelah babak play –off. Akan tetapi, mengganasnya covid-19 di Eropa membuat babak play-off yang seharusnya digelar pada bulan Maret lalu akhirnya ditunda dan UEFA memilih membagikan dana tersebut lebih awal demi memastikan finansial klub tetap berputar di tengah karantina.

Dengan begitu UEFA telah menggelontorkan dana bantuan yang tidak sedikit. UEFA telah membantu Federasi – Federasi dibawah naungannya dan juga klub – klub sepak bola Eropa. Ceferin mengatakan bahwa dirinya percaya terhadap keputusan yang diambil adalah keputusan yang bertanggung jawab demi membantu sebisa mungkin dan demi solidaritas sepak bola selama krisis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here