UEFA Antisipasi Wabah Virus Korona Yang Mengancam Euro 2020

FFSPORTZ.COM – Hari ini, Rabu 4 Maret 2020 merupakan hari dimana 100 hari menuju pembukaan Euro 2020. Akan tetapi gelaran sepakbola terbesar di negara – negara Eropa  tersebut juga tak luput dari ancaman virus corona. Tercatat ada sejumlah negara Eropa yang sudah menjadi korban keganasan virus Corona setelah Italia diantaranya Spanyol, Inggris, Jerman, Prancis, Swiss, Norwegia, hingga Austria. Tidak hanya negara – negara di Asia, lalu Eropa bahkan kini virus mematikan ini sudah mewabah ke Negara Paman Sam, Amerika Serikat. Data terbaru yang dirilis oleh Channel News Asia menyebutkan, COVID-19 atau Corona telah menginfeksi hampir 90.000 orang didunia dan 3.000 nyawa melayang.

EUFA sudah mengantisipasi wabah corona

Sesuai dengan informasi dari pihak Assiasi Sepak Bola Eropa (UEFA) , bahwa pada gelaran Piala Eropa 2020 kali akan diikuti 24 negara dan di gelar di 12 Negara. Mulai dari Baku sampai Dublin, dari Glasgow hingga Roma. Namun, publik masih khawatir dengan ancaman virus corona, sebab sejumlah event – event olahraga di Benua Biru tersebut banyak yang ditunda bahkan dibatalakan.  Misalnya Italia dan Swiss dimana kedua negara tersebut juga mengumumkan penundaan seluruh pertandingan dua kasta tertinggi liga mereka sampai akhir Maret mendatang.

UEFA selaku pihak yang berwenang menuturkan bahwa gelaran Piala Eropa 2020 sejauh ini masih sesuai jadwal. Pihak UEFA memberikan informasi tambahan yaitu pihaknya terus menjalin komunikasi dengan beberapa negera yang menjadi tuan rumah Euro 2020. “Keep in touch” atau terus jaga hubungan merupakan pilihan mereka demi kelangsungan event 4 tahunan tersebut.  Namun jika nantinya situasinya berbeda semisal memburuk, maka penyelenggaraan Euro 2020 dapat berganti dan pihak EUFA akan senantiasa memberikan kabar terbaru dari masing – masing negera penyelenggara.

Pihak UEFA adakan Rapat di Belanda membahas ancaman Corona

Tercatat bahwa Piala Eropa 2020 akan berlangsung pada bulan Juni nanti, dimana Kick-off turnamen rencananya akan berlangsung pada 12 Juni nanti. Diketahui senin kamarin komite eksekutif UEFA sedang rapat mendadak di Belanda. Mereka membahas dampak dari penyebaran virus COVID-19 tersebut terhadap penyelenggaraan Piala Eropa 2020 mendatang.

Setelah diadakan pertemuan tersebut, UEFA menegaskan kalau seluruh venue dan jaringan transportasi sudah siap. Kemudian permintaan tiket pun sudah mulai masuk, serta tak ada kekhawatiran tentang masalah keamanan. Namun, semakin meluasnya dampak virus korona berpotensi mengancam keberlangsungan turnamen itu, dan sampai saat ini belum diketahui apa tindakan yang akan diambil. Turnamen piala Eropa untuk babak fase grup akan dibuka di Roma, Italia. Tim tuan rumah akan melawan Turki pada jumat 12 Juni nanti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here