Turnamen Esports

Berita Esports – Jika boleh menyatakan persamaan pendapat, di tengah pandemi  virus Covid-19 berkutat dengan gadget atau smartphone banyak dipilih banyak orang. Mulai aktivitas sehari – hari, urusan pekerjaan bahkan soal hiburan. Berbicara soal hiburan, nampaknya bermain game – game yang saat ini tengah Booming sedang jadi pilihan. Buntut dari hal itu, berbagai turnamen Esports baik lokal maupun internasional juga semakin eksis. Untuk turnamen Esports Tanah Air, baru – baru ini pihak Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Indonesia berkolaborasi  dengan IESPL telah menggelar turnamen Piala Menpora Esports 2020.

Turnamen Esports Jadi Semakin Populer di Tengah Pandemi Corona

Salah satu ajang turnamen Esports tersebut menunjukkan bahwa cabang olahraga baru ini tetap eksis. Hal ini dikarenakan turnamen – turnamen epsorts tetap bisa digelar secara online. Dengan demikian, bagi mereka yang ingin bermain dengan teman – teman atau istilahnya Mabar, tidak perlu khawatir dengan penerapan Social Distancing atau Physical Distancing. Karena, jika ingin bermain dengan multiplayer,  antara pemain dengan pemain lainnya tidak harus saling berdekatan. Jika dibandingkan dengan olahraga konvensional, Esports justru semakin meningkat dari segi kepopulerannya dan bahkan semakin mendapatkan antusias yang besar.

Dengan mewabahnya virus yang diklaim dari Wuhan, Tiongkok tersebut hampir semua olahraga konvensional mulai dari yang pemain individu maupun tim senakin meredup. Berbagai cabang dan bahkan hampir semua olahraga konvensional tidak ada yang digelar. Sementara itu, menurut laporan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  menyatakan bahwa adanya lonjakan trafik internet layanan game online sebesar 61%. Kalau boleh menebak, kenaikan itu karena banyaknya orang dari semua golongan mengisi masa isolasi dengan bermain game.

Game Mobile Legends Alami Peningkatan yang Cukup Tajam dan Signifikan

Misalnya saja, sejak bulan Maret lalu, Brand Director Montoon Indonesia Aswin Atonie dalam zoom di acara Media Talk- Piala Menpora Esports 2020 mengatakan bahwa game Mobile Legends mengalami peningkatan yang cukup tajam dan signifikan. Hal ini dikarenakan aturan pemerintah yang menerapkan bekerja dan belajar dari rumah untuk meminimalisir pandemi. Sehingga banyak orang yang memanfaatkan waktu luang dan istirahat mereka untuk main game.

Strategi yang  diterapkan bagi sejumlah pengembang atau bagi mereka yang berkecimpung seputar game. Salah satu strategi ampuh yaitu dengan mengadakan turnamen – turnamen Esports kecil secara online. Bahkan tak jarang juga, ada turnamen esports yang berskala internasional pun juga digelar secara online. Untuk Mobile Legends sendiri, E-project membuka akses turnamen bagi para komunitas dan sudah 50-70 turnamen online diselenggarakan dengan level dan skala yang berbeda. Perlu diketahui juga kalau dari peningkatan yang dialami Esports tentu juga memiliki kendala tersendiri misalnya sponsor. Menurut Presiden of Indonesia Esport Premier League (IESPL), Giring Ganesha menuturkan bahwa sponsor masih alami masalah pada investasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here