Badminton Asia Championship

FFSPORTZ.COM – Saat ini dunia Internasional tengah di gegerkan dengan adanya virus mematikan corona. Imbah dari virus mematikan tersebut tidak hanya masyarakat biasa, namun juga dunia olahraga khusunya bulutangkis. Hal ini dikarenakan ada gelaran kejuaraan Badminton Asia Championships (BAC) 2020 dan Lingshui Masters 2020 akan diadakan tahun ini di Tiongkok. Khusus untuk Badminton Asia Championships (BAC) akan digelar di sarang corona yaitu di Wuhan, Tiongkok.

Badminton Asia Championships Jadi Turnamen Terakhir Kualifikasi Olimpiade

Mengutip dari laman NST Malaysia yang mengatakan bahwa Badminton Asia sudah mengeluarkan pernyataan dimana pihaknya tetap akan melanjutkan rencana kejuaraan yaitu tetap dilaksanakan di Tiongkok. Badminton Asia Championships (BAC) 2020 menjadi turnamen terakhir kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020 dimana akan tetap dilaksanakan di Wuhan pad 21 – 26 April Mendatang. Jika sebelumnya ada yang mengatakan akan ditunda memang benar, akan tetapi mengingat sangat pentingnya acara ini yaitu untuk akumulasi poin Olimpiade maka ajang ini tetap dilaksanakan sesuai jadwal.

Pihak Badminton Asia dan Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) akan terus memantau perkembangan dan situasi virus corona di Tiongkok. Mereka hanya bisa berharap kalau situasi menjadi lebih baik. Namun, mereka  tetap memiliki rencana cadangan berupa menggelar kejuaraan di negara lain jika situasinya semakin memburuk.

Atlit Tiongkok Tetap Boleh Berpartisipasi Dalam Turnamen BAC

BWF juga mengeluarkan pernyataan bahwa para atlet bulutangkis asal Tiongkok tetap diperbolehkan untuk mengikuti sejumlah kompetisi internasional. Sebab tersiar kabar sebelumnya bahwa atlit Tiongkok tidak diperbolehkan mengikuti turnamen karena membawa virus corona. BWF dengan tegas menyatakan tidak aka nada pembatasan pemain dan pejabat Tiongkok atau pemain dari negara lain di turnamen bulutangkis Internasional dan para Badminton.

Selain itu BWF juga memberikan klarifikasi bahwa Atlet Tiongkok bebas untuk memasuki acara dan mereka percaya bahwa tuan rumah akan memberikan bantuan penuh pada semua atlit dari semua anggota asosiasi (MA). Langkah yang dilakukan BWF adalah dengan meminta semua anggota asosiasi (MA) dan negara tuan rumah untuk menghubungi otoritas kesehatan nasional masing – masing. Sehingga negara penyelenggara bisa mengambil langkah pencegahan atau penanganan yang diperlukan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here