Timnas Bulu Tangkis Jepang

FFSPORTZ.COMBulutangkis Jepang – Pada pertengahan bulan Mei lalu sempat diberitakan bahwa tim nasional bulu tangkis Jepang akan melakukan sesi latihan pada Juni pertengahan ini. Nampaknya kabar tersebut benar adanya, sebab baru – baru ini telah dikabarkan oleh media – media Jepang kalau timnas bulu tangkis mereka akan jalani latihan secara penuh mulai pada 19 Juni 2020 nanti. Hal ini didukung dengan laporan mengenai Federasi Badminton Jepang (NBA) yang sudah melakukan pertemuan dengan anggota dewan di Tokyo pada 30 Mei kemarin.

Timnas bulu tangkis Jepang berencana kembali berlatih mulai 19 Juni

Setelah pertemuan itu selesai, dilakukan sesi wawancara dengan direktur eksekutif dari NBA, Qian Guqinzhi. Pria 67 tahun itu mengungkapkan bahwa tim nasional bulu tangkis Jepang berencana untuk kembali ke pelatihan di National Training Center (NTC) yang dimulai pada 19 Juni nanti. Kabarnya ini dibarengi dengan tunggal putra peringkat 1 dunia, Kento Momota yang akan kembali. Seperti yang sebelumnya pernah dikabarkan, Kento Momota telah menjalani operasi fraktur soket mata akibat kecelakaan mobil usai turnamen Malaysia Master 2020 kemarin. Saat ini dikabarkan keadaan Kento sudah membaik karena hanya tinggal jalani masa pemulihan dan akan segera kembali ke tim.

Dengan mengacu pada situasi pandemi corona seperti saat ini, sudah sedikit berkurang dan kebutuhan para pemain yang bersiap untuk Olimpiade Tokyo, tim nasional bulu tangkis Jepang berharap segera berlatih. Hal ini didukung dengan adanya pencabutan larangan jalani aktivitas imbas Covid-19 sejak beberapa waktu lalu. Kini Jepang memulai kehidupan baru atau new normal.  Meskipun sudah akan memulai latihan kembali, pihak NBA masih tetap memegang protokol kesehatan. Sebagai contoh, dalam pengambilan asrama, pusat pelatihan awalnya dapat menampung 448 atlet, tetapi untuk menghindari penyebaran virus, kamar yang sebelumnya tersedia untuk lebih dari dua orang kini hanya untuk satu orang.

Tim bulu tangkis Jepang lakukan latihan secara terpisah

Pada saat ini Jepang perlahan melonggarkan status karantina atau isolasi kemarin, Tim nasional Jepang juga sudah tidak aktif karena mewabahnya pandemi Covid-19. Akan tetapi para atlet bulu tangkis mereka secara individual berlatih di klub atau di rumah masing – masing, namun kondisi latihannya berbeda. Dengan latihan yang masih diselimuti Pandemi Covid-19, efek dari pelatihannya sulit dijamin efektivitasnya. Seiring dengan sudah dicabutnya isolasi mandiri atau karantina, tim bulu tangkis Jepang akan segera membahas tindakan pencegahan untuk pelatihan secara terpisah bagi atlet putra dan putri.

Selain melakukan latihan secara terpisah, para atlet juga tidak disarankan berkerumun atau berkumpul di ruang latihan, asrama, kantin dan  lain – lain. Dikutip dari laporan Sports Sina, menurut pernyataan dari sang Direktur eksekutif, pihaknya ingin memulai pelatihan di tempat tertentu di 47 prefektur dan mengatur jadwal untuk atlet putra dan atlet putri. Karena tidak boleh berkumpul atau terpisah, untuk atlet putra akan berlatih di Prefektur Kumamoto, sementara untuk atlet putri berada di Toyama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here