Timnas Bola Voli Putra Brasil

FFSPORTZ.COMVoli Brasil – Sebagai pecinta voli pastinya sudah tahu dengan gelaran Piala Dunia Bola Voli Putra. Untuk gelaran piala dunia tahun 2019 lalu, tim nasional bola voli putra Brasil menjadi juaranya dan kemenangan tersebut untuk yang ketiga kalinya. Sepanjang sejarah, hanya timnas Brasil yang mampu meraihnya selama ini.  Pada Gelaran Piala Dunia 2019 lalu digelar di Hiroshima, Jepang. Timnas Brasil juara karena dalam format round robin (klasemen grup) yaitu menjadi tim dengan nilai tertinggi pada putaran ketiga.  Sebelum Brasil, pada Piala Dunia Bola Voli Putra 2018 dimenangkan oleh Polandia. Bagaimana Timnas Brasil menjuarai piala dunia voli 2019 kemarin? Berikut informasinya.

Brasil juara usai mampu kalahkan tim voli kuat Italia

Kepastian kemenangan Brasil sudah digenggam usai mengalahkan tim tuan rumah Jepang dengan skor 3-1 di Hiroshima Prefectural Sports Center pada 14 Oktober 2019 lalu. Setelah mengalahkan Jepang, Brasil masih menyisakan satu laga lagi menghadapi tim voli putra kuat Italia. Tidak mau menyia – nyiakan peluang, Negeri yang terkenal sebagai raksasa sepak bola tersebut akhirnya menutup turnamen dengan mengalahkan Italia 3-0 di arena yang sama pada Selasa, 15 Oktober 2019. Dengan kemenangan tersebut, Brasil meraih angka tertinggi di klasemen akhir dengan 32 angka dari hasil sebelas kemenangan tanpa kalah satu kali pun.

Menurut salah satu punggawa timnas bola voli putra Brasil, Felipe Roque mengatakan bahwa laga yang mereka mainkan sangat baik sehingga timnya mampu menang dalam pertandingan. Dia dengan tegas mengatakan kalau dia dan skuat Brasil mampu tampil seratus persen dalam laga. Brasil mampu memenangi seluruh laga di kompetisi itu. Selain itu, Roque juga mengatakan bahwa timnya banyak melakukan perubahan posisi tapi mereka tetap bisa menunjukkan karakter Timnas Brasil. Setelah memenangkan gelaran Piala Dunia Bola Voli Putra 2019, berarti Brasil menambah trofi juara lagi. Timnas Brasil tercatat telah memenangkan gelaran yang sama pada 2003 dan 2007 lalu.

Torehan tiga kali juara Piala dunia Bola Voli Brasil masih kalah dengan Rusia

Dengan mengoleksi tiga kali kemenangan, sebenarnya Brasil masih tertinggal dari Rusia dalam hal pencapaian atau torehan trofi juara. Rusia tercatat telah mengumpulkan enam gelar juara. Perlu untuk diketahui bahwa Rusia sebelumnya bernama Uni Soviet dimana meraih empat kali juara dan dua saat berganti nama menjadi Rusia. Sehingga jika berdasarkan nama, Brasil masih memegang peraih gelar juara terbanyak. Sementara pada gelaran Piala Dunia Bola Voli Putra 2019 tersebut, di posisi kedua dimenangkan oleh Polandia dengan meraih medali perak. Polandia telah mengumpulkan 28 angka hasil sembilan kali kemenangan dan dua kekalahan, unggul satu angka dari Juara ketiga, Amerika Serikat.

Sebagai informasi saja, gelaran Piala Dunia Bola Voli Putra ini pertama kali diadakan pada 1949. Periode awal tahun pelaksanaan diselenggarakan bervariasi yaitu dimulai 1949, 1952, 1956, 1960, 1962. Baru sejak 1962 inilah rutin diadakan setiap empat tahun sekali. Format awal dilakukan format kompetisi dengan babak kualifikasi untuk menuntun tim ke final. Secara keseluruhan ada 24 tim, termasuk tuan rumah yang mendapat tiket otomatis. Lama gelaran piala dunia voli ini selama satu bulan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here