Timnas Basket Indonesia Kekurangan Pemain Handal Di Kualifikasi FIBA ASIA 2021

FFSPORTZ.COM – Setelah timnas basket Indonesia kalah di dua laga pada kualifikasi Paiala FIBA Asia 2021, kepala pelatih Rajko Toroman angkat bicara. Toroman menyinggung soal lambatnya proses naturalisasi maka dari itu Indonesia kekurangan pemain. Menurutnya, jika proses naturalisasi Brandon Jawato dan Lester Prosper sudah kelar, Indonesia seharusnya dapat lebih kompetitif dalam fase kualifikasi FIBA Asia 2021 kemarin. Meskipun begitu, Pelatih asal Serbia tersebut sangat mengapresiasi perjuangan skuad anak asuhnya.

Toroman berharap pebasket naturalisasi bisa bermain di Thailand dan Korea

Toroman berharap agar proses naturalisasi Prosper dan Brandon segera rampung. Dia mengetahui bahwa sebenarnya kedua pebasket naturalisasi tersebut bisa selesai untuk urusan dokumen dan lain -lainnya setelah SEA Games 2019. Dengan diperkuat kedua pemain tersebut, maka skuad Indonesia jauh lebih kompetitif. Mengingat bahwa Indonesia masih akan melakukan laga tandang ke Thailand dan Korea Selatan pada bulan November mendatang.

Toroman mengakui kalau Korea Selatan dan Filipina lebih unggul diatas kertas maupun di lapangan. Terlebih lagi dengan tim Filipina pada laga minggu kemarin, timnas Indonesia kalah telak dan selain itu kondisi tim Filipina lebih atletis dan kompetitif. Tim Filipina diperkuat pebasket Thirdy Ravena yang mampu mengemas 23 poin untuk Filipina. Hadirnya pebasket tangguh tersebut, diakui oleh Toroman akan menambah daya gedor Filipina, sehingga posisi timnas Indonesia akan tambah sulit.

Toroman Akui bahwa Timnas Basket Indonesia Kekurangan Pemain

Pada laga kualifikasi FIBA Asia 2021 yang mempertemukan Indonesia dengan Filipina kemarin, Indonesia jauh tertenggil dengan Filipina. Faktor pemain merupakan hal yang paling disoroti pelatih Toroman seperti dengan adanya keterlambatan proses naturalisasi. Sehingga mengakibatkan timnas basket Indonesia alami kekurangan pemain. Dampak dari kekurangan pemain kemarin adalah membuat rotasi pemain pada saat berlaga menjadi tidak bisa berjalan dengan baik.  Ditambah lagi Saat Vincent Rivaldi Kosasih mengalami cedera, Toroman tak punya banyak pilihan.

Sebelum Kualifikasi FIBA Asia 2021 dimulai, Indonesia sudah harus kehilangan Laurentius Steven Oei yang juga mengalami cedera. Sebagai gantinya, Toroman memanggil Derrick Michael, Muhammad Arighi dan Kevin Sanjaya. Namun, minimnya jam terbang serta kurangnya pemahaman akan sistem, walhasil Toroman mengurungkan niatnya untuk memainkan ketiga pemain tersebut. Dengan adanya persoalan kekurangan pemain tersebut, ada kewajaran jika di dua babak kualifikasi kemarin, Indonesia harus mengantongi dua kekalahan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here