Timnas Basket Indonesia

FFSPORTZ.COM – Pada laga kualifiksi FIBA Asia 2021 kali ini ternyata tinmas basket Indonesia diperkuat pemain naturalisasi. Skuad asing yang di gadang – gadang akan membela timnas basket Indonesia adalah Brandon Jawato dan Lester Prosper. Akan tetapi pada laga perdana kualifikasi kemarin nampaknya kedua pemain natualisasi tersebut tidak diturunkan.  Penyebab hal tersebut karena proses naturalisasi mereka masih ada hambatan.

Laga awal kulaifikasi FIBA Asia 2021 tanpa pebasket naturalisasi

Menurut Fareza Tamrela sang Manajer timnas basket Indonesia yang mengatakan bahwa pihaknya baru mendengar kalau proses pemain naturalisasi yaitu Prosper dan Jawato sudah ditandatangani oleh Presiden Joko widodo. Untuk selanjutnya hanya tinggal di RDP dengan DPR dilanjutkan dengan sumpah di Kanwil setelah itu baru dapat paspor. Sehingga sangat mendesak sekali dan terlalu mepet sehinggapada laga awal menghadapi korea kemarin timnas basket Indonesia tidak diperkuat pemain naturalisasi.

Timnas Basket Indonesia akan menghadapi tim Filipina pada Minggu lusa di Mahaka Arena, Kelapa Gading, Jakarta. Sebenarnya timnas kita masih memiliki tiga pemain naturalisasi lainnya yaitu Ebrahim Enguio, Jamarr Johnson dan Anthony Hargrove. Akan tetapi keduanya belum siap untuk masuk Timnas untuk berlaga di babak kualifikasi. Sang manajer juga menegaskan kalau timnas belum atau tidak diperkuat pemain naturalisasi, Timnas akan bermain maksimal untuk kedua laga tersebut.  Sebagai pengganti atas masih absennya Jawato dan Prosper, sang pelatih Rajko Toroman telah menunjuk dua pebasket muda yaitu  Muhammad Arighi dan Derrick Michael. Arighi dan Derrick memperkuat Timnas meskipun mereka belum pernah bermain di IBL.

Targetkan untuk menang di kualifikasi FIBA Asia Cup 2021

Untuk memaksimalkan tim, persiapan dan latihan keras sudah dilakukan para pemain semenjak bulan agustus tahun lalu. Tercatat bahwa Indonesia tergabung dalam grup A bersama Filipina, Thailand dan Korea Selatan. Tercatat dari 24 negara peserta babak kualifikasi akan disaring menjadi 16 negara yang akan tampil di babak utama di FIBA Asia Cup 2021 nanti.  Memaksimalkan laga meladeni tim kuat Korea Selatan kemudian tim Filipina itu penting namun yang tak kalah penting adalah mampu mengalahkan Thailand.

Pada babak kualifikasi window 2, Timnas akan melawan Thailand pada 27 November 2020 di Thailand lalu pada window ketiga, kedua tim tersebut akan bertanding di Indonesia pada 21 Febrtuari 2021 mendatang. Korea Selatan dan Filipna punya kemampuan diatas timnas maka dari itu, timnas harus mampu mengalahkan Thailand pada laga home dan away nanti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here