tim voli putra indonesia

Voli Indonesia – Masih ingat dengan pertandingan voli di ajang Kejuaraan Asia Senior ke-20? Tim nasional bola voli putra Indonesia mampu meraih kemenangan pertama pada laga yang digelar di Azadi Sport complex, Teheran, Iran 13 September 2019. Tim voli putra yang akan dipersiapkan untuk ajang SEA Games 2020 Filipina kemarin mampu kalahkan Kuwait 3-1. Dalam menghadapi tim Kuwait, timnas voli putra Indonesia turun dengan formasi seter, Dio Zulfikri, Sigit Ardian, Dimas Saputra Pratama, Yuda Mardiansyah Putra, I Putu Randu Wahyu Pradana Putra, Rendy Ferdiant Tamamilang, kemudian dengan libero Bastian Tamtomo Putra. Pada kesempatan ini, kami akan berikan informasi seputar peringkat Timnas voli putra Indonesia di Asia.

Peringkat Timnas Voli Putra Indonesia Tetap di Posisi 12 dari 27 Peringkat

Pada ajang Kejuaraan voli Senior Asia ke-20  lalu, Timnas voli putra Indonesia menjadi unggulan kelima setelah tuan rumah Iran, juara bertahan Jepang, Kazakhstan, dan Korsel. Unggulan ini disusun berdasarkan hasil kejuaraan yang sama dua tahun lalu di Gresik, Jawa Timur, di mana Indonesia berada di peringkat keempat. Pada tahun ini, Timnas voli putra Indonesia, gagal meningkatkan peringkat voli Indonesia di kancah Asia. Meskipun telah berhasil meraih medali emas di SEA Games 2019 Filipina, akan tetapi Timnas voli putra Indonesia gagal menaikkan peringkat mereka di AVC Men Senior Continental Ranking 2020.

Seperti halnya tahun kemarin, timnas putra hanya berhasil mempertahankan ranking mereka sebelumnya yaitu ranking 12 dari 27 peringkat. Hal ini memang terdengar sangat mengecewakan karena rival bebuyutan Timnas Indonesia untuk kawasan Asia tenggara yakni Thailand menempati peringkat kedelapan. Sementara untuk peringkat pertama voli Asia 2020 dipegang oleh Iran. Juara voli putra senior Asia tersebut menempati peringkat pertama dengan agregat 257 poin. Menyusul dibelakang tim Iran ada Timnas voli putra Jepang. Skuad voli putra Negeri Matahari Terbit itu mengantongi 215 poin. Timnas voli putra Australia yang meraih medali perak di Kejuaraan Senior Asia tahun lalu menempati posisi ketiga dengan 181 poin. Kemudian di posisi keempat dan kelima secara berurutan di tempati Korea Selatan  dengan 168 poin dan Tiongkok dengan 149 poin.

Tim Voli Putri Indonesia Turun Tiga Peringkat di Asia

Sementara itu, untuk peringkat pertama dunia diraih oleh peraih medali emas di ajang Olimpiade Rio 2016 yakni Brasil. Tim voli Negeri Samba itu telah sukses mempertahankan ranking dunia mereka dua kali berturut – turut. Posisi kedua atau dibawah Brasil ditempati oleh Polandia. Kemudian di posisi ketiga ada Amerika Serikat di FIVB Senior World Ranking. Kemudian, Loncat ke posisi ke-8 dunia dimana ada tim voli putra Iran menjadi tim Asia terbaik. Sementara itu, untuk posisi ke-9 dunia di susul tim Jepang. Secara singkat, Australia kini berada di posisi 15 dunia, lalu Korea Selatan di posisi ke-20, Qatar berada di posisi 23 dan Tiongkok berada di peringkat 26.

Sementara untuk tim putri, jika pada tahun 2019 lalu mereka menempati peringkat ke-8, maka di tahun 2020 ini mereka justru semakin turun. Organisasi bola voli dunia FIVB, pada hari Selasa, 30 Juni 2020 kemarin telah merilis daftar peringkat terbaru bola voli dunia di situs resmi mereka. Timnas voli putri Indonesia berada di posisi ke-11 dengan 87 poin. Di perinkat satu ada tim voli putri Tiongkok  dengan 407 poin. Kemudian di susul Korea Selatan diperingkat kedua dengan 287 poin. Juara Asia dua kali berturut-turut Jepang, berada di posisi ketiga dengan 278 poin. Sementara itu, Thailand di posisi keempat dengan 197 poin. Kemudian di peringkat ke-5 ada tim Kazakhstan dengan 166 poin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here