Mateo Kovacic
indoagen

Berita Sepakbola Dunia – Nyaris satu minggu Thomas Tuchel menjadi pelatih Chelsea. Walau baru memimpin di dua laga, ada sekitar tiga pemain dunia yang tampil beda sampai saat ini.

Thomas Tuchel secara resmi menjadi pelatih Chelsea, Rabu (27/01/21) WIB setelah mengganti Frank Lampard yang diberhentikan di minggu lalu. Pemilihan dirinya juga terbilang sangat cepat. Pasalnya, dalam waktu 24 jam, The Blues harus melawan Wolverhampton Wanderers pada laga Liga Inggris 2020-2021.

Tentunya untuk Tuchel ini begitu aneh karean harus melatih tim dalam waktu yang cepat yakni sehari sebelum laga dilaksanakan. Tapi, dia dapat membawa tim dengan baik dengan menerapkan skema permainan yang terbilang baru untuk pemain Chelsea.

Dalam laga berhadapan dengan Wolves, mereka tampil seri tanpa hasil gol. Akan tetapi, permainan The Blues sangat mendominasi dan menjadikan tim tamu kesulitan mencetak gol.

Hasil baik itu pun berlanjut pada laga kedua Tuchel dengan skuadnya saat melawan Burnley pada lanjutan Liga Inggris 2020-2021, Minggu (31/01/21). Tidak seperti laga sebelumnya, kini Tuchel sukses mencatatkan tiga poin pertamanya di Inggris dari kemenangan dengan skor 2-0 atas Burnley.

Uniknya, dua gol dari The Blues itu dibuat oleh dua bek sayapnya, yaitu Cesar Azpilicueta dan Marcos Alonso. Proses dua gol tersebut dengan saat keduanya melakukan Overlap ke wilayah pertahanan lawan. Pastinya dua gol dari dua bek kawakan itu merupakan bukti Tuchel mulai menerapkan skemanya. Gaya permainan The Blues dominan pada penguasaan bola, passing dan peluang yang dibuat.

Berbicara mengenai penerapan ide, Tuchel tampil dalam skema 3-4-2-1 atau 3-4-3 dalam dua laga awalnya itu. Tentunya ide dan formasi yang dia lakukan membuat beberapa pemain mulai terlihat di lapangan.

Berikut tiga pemain Chelsea yang naik daun bersama Thomas Tuchel :

Callum Hudson-Odoi

 

Callum Hudson-Odoi

Pastinya pemain pertama yang tampil dalam dua laga pertama dari sang pelatih adalah Callum Hudson-Odoi. Pelatih dari Jerman tersebut dapat menjadikan wonderkid bermain dengan apik di Wing-Back kanan.

Tempat Hudson-Odoi sebenarnya dalam akademi Chelsea berada di posisi winger atau penyerang sayap. Akan tetapi, Tuchel dapat tampil dengan pola permainan dan kecepatan yang lebih baik di Wing-Back kanan.

Peran Hudson-Odoi di Wing-Back kanan menjadikanya sebagai pemain terbaik dalam dua laga sebelumnya. Tuchel sendiri sudah memperhatikan pemain ini sejak Bayern Munchen mengincar wonderkid ini.

Mateo Kovacic

Mateo Kovacic

Mateo Kovacic merupakan pemain Chelsea kedua yang mulai unjuk gigi dengan Tuchel. Penampilanya terlihat dalam posisi double 6 bersama Jorginho. Performa Kovacic sangat baik. Pada musim 2019-2020, ia bahkan merupakan pemain terbaik The Blues. Akan tetapi, pada musim awal, namanya sempat dilupakan.

Hadirnya Tuchel merupakan berkah untuk dirinya. Ia dapat kembali ke posisi pertama dengan tugas yang tidak jauh berbeda dari sebelumnya. Kovacic menjadi pembawa bola. Tidak hanya dapat merusak pertahanan lini kedua lawan, permainannya menjadikannya gelandang yang agresif.

Jorginho

Pemain Chelsea

Jorginho sering tampil menjadi kambing hitam pada skuad The Blues bersama Frank Lampard. Menjadi gelandang bertahan, ia dinilai tidak dapat bergerak cepat dan memiliki fisik kuat. Akhirnya posisinya diganti Declan Rice.

Jorginho sebenarnya merupakan pemain yang bermanfaat saat sistem yang dimainkan pas untuknya. terbukti ketika bersama Sarri dan kini dengan pelatih Chelsea yakni Thomas Tuchel. Tuchel tampil dalam skema 3-4-2-1 yang membuatnnya menjadi gelandang bertahan yang harus menekan lawan atau beradu fisik.

Taktik Jorginho menjadi Regista terlihat di laga ini. Dengan Kovacic, ia membawa permainan klubnya dengan tempo apik. Dua gol timnya pada laga kontra Burnley menampilkan taktik jitu Jorginho dalam memainkan umpan pada rekan-rekannya hingga menciptakan gol.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here