Tidak Hanya Rugi Melainkan Liga Perancis Malah Dihentikan Sebab Virus Corona

FFSPORTZ.COM – Secara tak disangka – sangka bahwa keseruan Liga Perancis akhirnya terhenti. Setelah liga – liga sepakbola papan atas Eropa dihentikan, kini menyusul Liga Prancis  juga dihentikan. Penyebabnya sudah jelas yaitu mewabahnya virus covid-19 atau virus corona yang menyebar begitu massive didaratan Eropa. Menyusul pengumuman dari Presiden Republik untuk merespon krisis kesehatan terkait covid-19, dewan direktur dari LFP pada jumat kemarin memutuskan Ligue 1 Conforama dan Ligue 2 Domino dihentikan hingga menunggu pengumuman lebih lanjut.

Klub Ligue 1 Perancis Lyon Rugi 2 juta Euro Per Laga Kandang

Dunia persepakbolaan Perancis yaitu Ligue 1 tengah mengalami dilema besar. Disisi satu Pemerintah Prancis tengah berupaya melawan penyebaran virus corona yang melanda negara itu dan di sisi lain ada laporan ada yang melaporkan jika ligue 1 digelar tanpa adanya penonton maka klub akan mengalami kerugian yang besar. Menurut laporan situs Antara dari getfootballnews.com pada Rabu 11 Maret 2020 kemarin, LFP mengatakan kalau Ligue 1 dan Ligue 2 akan dimainkan secara tertutup tanpa adanya supporter hingga 15 April.

Presiden Lyon bereaksi atau menyuarakan atas adanya pengumuman tersebut. Menurut pernyataan dari Presiden Lyon, Jean Michel Aulas mengatakan bahwa klubnya akan kehilangan sekitar 2 juta Euro atau sekitar Rp 32,5 Milyar per pertandingan kandang jika tidak ada penonton. Walhasil pertandingan Ligue 1 akan dilakukan secara tertutup atau maksimal hanya disaksikan 1.000 penonton hingga 5 April 2020. Keputusan tersebut diambil karena pemerintah Perancis sedang memerangi wabah Corona ini.

Pemerintah Perancis putuskan hentikan Liga Perancis

Setelah adanya pengumuman dari pemerintah Perancis untuk merespon krisis kesehatan terkait virus covid-19 maka dewan direktur LFP pada jumat 13 Maret kemarin memutuskan Ligue 1 dan Ligue 2 Perancis. Memang, sebelum akhirnya memutuskan untuk menghentikan kompetisi, Liga Pernacis sebelumnya memilih untuk melakukan pertandingan tertutup atau tanpa penonton sampai 15 April nanti.

Untuk merespon kekacauan liga Perancis, maka UEFA dijadwalkan akan lakukan pertemuan akhir pada 17 maret nanti. Tidak hanya UEFA, akan tetapi dewan direktur LFP juga akan melakukan pertemuan.Liga Perancis merupakan liga sepak bola Eropa yang  terkini melakukan penghentian kompetisi. Sebelumnya juga sudah banyak liga – liga Eropa yang melakukan pengehentian laga misalnya Liga Italia, Liga Spanyol, dan Liga Belanda. Mereka masih akan menjalani pendekata terhadap penanganan yang serius terhadap wabah virus corona yang merajalela di kawasan Eropa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here