Jadwal Proliga 2021

Jadwal Proliga 2021 – Anda penggemar Proliga? Sedikit tentang Proliga 2020 kemarin, Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia  atau PBVSI telah resmi menghentikan Proliga musim 2020 kemarin. Sebenarnya, untuk babak final Four dan Grand Final dijadwalkan pada bulan April 2020 di Sentul, namun harus dibatalkan karena tidak mendapat izin. Hal ini karena tidak lain dan tidak bukan karena pandemi virus Covid-19 yang mengganas. Secara mengejutkan, Proliga 2020 kali ini tidak ada yang menjadi juara, yang hanya ada juara putaran satu dan dua. Baru – baru ini ada kabar yang menggembirakan untuk anda para penggemar ajang voli paling bergengsi di Indonesia itu.

PBVSI dan PT Proliga Telah Merilis Jadwal Proliga Musim 2021

Pihak PBVSI bersama PT Proliga sudah merilis jadwal Proliga untuk musim 2021. Kompetisi tersebut berlangsung mulai 31 Januari hingga 28 Februari 2021 di Sentul, Bogor, Jawa Barat. Jadwal musim baru Proliga tersebut diungkapkan oleh Direktur Proliga Hannya S. Surkatty saat memimpin rapat pertama persiapan Proliga 2021 yang dilakukan secara virtual, Rabu kemarin. Rapat tersebut diikuti oleh klub – klub peserta Proliga 2020. Berbeda dengan kompetisi Proliga tahun – tahun sebelumnya, pada musim yang baru tersebut dimana memasuki tahun ke-20 hanya berlangsung di satu tempat yakni Padepokan Voli Jenderal Polisi Kunarto, Sentul, Jawa Barat.

Selain itu, pada kompetisi musim terbaru itu, hanya dilangsungkan selama dua pekan babak reguler dan satu pekan semifinal serta kemudian langsung final.  Hanny menyebutkan bahwa Proliga 2021 memang berbeda tentu karena imbas dari pandemi Covid-19. Dalam siaran pers PBVSI, Hanny mengatakan bahwa pihaknya akan tetap memutar Proliga 2021 dengan mematuhi protokol kesehatan yang berlaku di Indonesia. Peraturan atau ketentuan yang akan diterapkan hanya berlaku pada Proliga 2021 saja, jika situasi sudah membaik, nanti akan kembali seperti biasa. Alasan menggunakan satu tempat disebabkan karena perhelatan proliga berlangsung tanpa penonton. Dengan digelar di satu tempat, maka tim akan menghemat pengeluaran, demikian juga untuk para panitia.

Sejumlah Aturan Baru Diterapkan Pada Turnamen Proliga 2021

Selain peraturan atau ketentuan yang telah disebutkan diatas, masih ada sejumlah aturan baru yang akan diterapkan di Proliga 2021 nanti. Seluruh panitia dan petugas lapangan akan diisolasi di padepokan voli milik PP PBVSI itu selama pelaksanaan. Selain itu, seluruh pihak yang terlibat diantaranya pemain, tim ofisial, petugas lapangan, dewan hakim, SRC, wasit dan juga panitia harus melakukan tes bebas Covid-19. Sehingga, area padepokan benar – benar steril dari virus. Jika sebelumnya ada peraturan yang mengizinkan menggunakan dua pemain asing, untuk Proliga 2021 nanti hanya diperbolehkan menggunakan satu orang saja.

Sementara itu, untuk pemain lokal, akan diterapkan peraturan batasan gaji dengan beberapa kategori. Kategori – kategoru tersebut diantaranya pemain non tim nasional, pemain tim nasional da pemain nasional yang bermain di kancah internasional. Hal ini diterapkan agar tidak terjadi persaingan yang tidak sehat dari klub – klub peserta dalam memberikan gaji. Lalu semua pertandingan  akan disiarkan secara langsung TV nasional dan live streaming. Putaran pertama Proliga 2021 akan berlangsung pada 31 Januari sampai 7 Februari 2021. Untuk babak Final sektor putri berlangsung pada 27 Februari, untuk putra pada 28 Februari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here