Target Bertahan Adalah Target Cukup Sulit Timnas Tenis Indonesia Di Piala Fed 2020

FFSPORTZ.COM – Timnas Tenis beregu putri Piala Fed Indonesia menargetkan untuk bertahan dalam turnamen Grup I Zona Asia/Oceania kali ini. Target tersebut disuarakan sebab diketahui bahwa wakil Indonesia di ajang tersebut hanya ada tiga orang petenis. Selain itu target bertahan adalah target yang realistis, sekaligus sulit bagi Indonesia sebab para wakil Indonesia akan meladeni petenis yang banyak pengalaman di piala Fed. Trio petenis  putri Indonesia Aldila Sutjiadi, Priska Madelyn Nugroho, dan Jannice Tjen dipastikan akan bersaing dengan banyak petenis tangguh peringkat 50 besar dunia.

Tim Tenis putri Indonesia lawan petenis tangguh untuk lolos babak Playoff

Kapten tim Deddy Tedjamukti sempat berujar bahwa timnas Indonesia akan melawan tenis tangguh dunia layaknya “David Melawan Goliath”. Hal tersebut dikatakan oleh Deddy sebagai bentuk penggambaran bagaimana keadaan pertandingan yang akan digelar hari ini 3 hingga 7 Maret 2020 saat bertemu India, Korea Selatan, Taiwan, Tiongkok dan Uzbekistan. Indonesia akan meladeni tim kuat di stadion Tenis Dubai Duty free dengan format round robin dimana dua peringkat teratas akan berhak tampil pada babak playoff pada 17 hingga 18 April mendatang untuk babak kualifikasi putaran Final Fed 2021.  Sementara dua peringkat dua terbawah harus turun ke Grup II.

Sebelumnya, ajang ini diagendakan berlangsung di Dongguan, China, 4-8 Februari. Akan tetapi, mewabahnya virus corona yang pertama kali muncul di China, membuat Federasi Tenis Internasional (ITF) memindahkan ke Astana, Kazakhstan pada waktu yang sama. Terakhir, ITF memindahkan lagi ke Dubai menjadi 3-7 Maret.

Upaya kedua Indonesia untuk bertahan atau Lolos babak Playoff

Tahun ini adalah tahun kedua upaya Indonesia untuk bertahan pada Grup I setelah promosi dari Grup II pada 2018. Kemudian pada 2019, ketika persaingan Grup I yang digelar di Kazakhstan, Tim Indonesia berhasil mangalahkan Thailand melalui tangan Aldila (tunggal) dan Aldila/ Jessy Rompies (ganda) yang akhirnya Indonesia mampu bertahan. Tanpa Jessy/Beatrice yang sedang mengumpulakn poin untuk Grand Slam.  Indonesia hanya mengandalkan Aldila yang tercatat  sebagai  peringkat ke-371 WTA, didampingi dua remaja yang baru kali ini masuk tim Piala Fed yaitu Priska Madelyn Nugroho dan Jannice Tjen.

Adapun tim lawan, terutama Tiongkok banyak dihuni petenis yang berposisi di peringkat 50 besar dunia misalnya Wang Qiang saat ini berada di peringkat ke-28 dunia mencapai perempat final AS Terbuka 2019 dan Zhang Shuai dimana telah mencapai perempat final Wimbledon 2019. Selain Tiongkok ada wakil Taiwan yang pernah menjuarai Grand Slam untuk nomor ganda putri. Kondisi saat ini nampaknya akan lebih berat dibandingkan dengan tahun 2019 kemarin, jadi target bertahan harus dipilih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here