Rafael Nadhal

Selama musim 2019 Rafael Nadal berforma sangat luar biasa. Ia mendapat enam gelar dari 15 turnamen yaitu dua gelar Grand Slam Perancis terbuka dan Piala Davis di Spanyol. Terakhir Nadal memperoleh Mubadala World Tennis Championships di Abu Dabi kemarin lusa. Ia mengalahkan Novak Djokovic hingga Stefanos Tsitsipas dan itu adalah gelar kelima dari tahun 2009.

Petenis 33 tahun tersebut berada di puncak peringkat dunia. Ia menggeser Djokovic , dan ini merupakan kelima kalinya ia bertengger di peringkat pertama dunia di akhir musim. Pertanyaannya adalah mampukah petenis kidal tersebut melanjutkan performa apiknya di tahun 2020? Tergantung pada kebugaran fisik Nadal. Kondisi fisik Nadal menjadi sorotan awak media, sebab ia terporsir di Piala Davis November lalu. Selain itu Petenis asal Mallorca pada tahun ini banyak mengalami cidera.

Minggu depan turnamen pertamanya sebagai  pembuka tahun 2020 yaitu ATP Cup, kemudian Grand Slam Australia terbuka, dia juga mewakili Spanyol dalam Olimpiade Tokyo 2020. Secara keseluruhan dia akan mengikuti 17 turnamen. Meskipun begitu, Nadal sangat optimis.

“Ada sisi negatif karena aku tidak punya waktu istirahat sebelum musim baru. Tapi, di sisi lain aku menutup musim ini dengan hasil yang bagus. Dan hal tersebut dapat membantuku untuk terus bermain bagus di musim mendatang,” jelasnya.

Nama – nama lama seperti Djokovic, federer berurutan peringkat dua dan tiga masih menjadi pesaing Nadal. Ditambah lagi Djokovic ingin menambah rekor di kejuaraan Australia terbuka, sebab Ia tercatat sebagai pengumpul trofi terbanyak di Australia. Jangan lupa dengan Petenis Tsitsipas, di kabarkan dia sebagai Petenis berbahaya yang bisa mengganggu dominasi  petenis senior peringkat dunia.

“aku mengerti bahwa era tenis berubah. Penguasa tiga peringkat dunia semakin tua. Di tahun 2020 targetku adalah satu gelar Grand Slam, masuk tiga besar, Masuk ATP Finals dan menjuarai event Masters 1000,” ujar Nadal.

Di kutip dari Tennis World,”kalau aku bisa merebut satu gelar saja misalnya Wimbledon, USA terbuka, Olimpiade atau Australia Open atau yang lain, itu bakal menjadi menakjubkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here