Tiga Gol Sancho Dianggap Bukan Hat-trick di Bundesliga

FFSPORTZ.COMJadon Sancho – Sempat dikabarkan sedang alami penurunan performa beberapa waktu lalu, Jadon Sancho tunjukan penampilan luar biasa di kompetisi Bundesliga pada Minggu, 31 Mei 2020. Sancho berhasil mencetak tiga gol saat Borussia Dortmund bertemu dengan Paderborn. Meskipun menampilkan permainan yang apik, torehan tiga gol Sancho tersebut belum bisa dikatakan membuat hat-trick. Ada apa dengan Sancho?

Jadon Sancho jadi bintang lapangan atas laga Dortmund vs Paderborn

Seperti yang sudah diketahui bersama bahwa laga antara Borussia Dortmund dan Paderborn kemarin berjalan cukup menarik. Pemain asal Inggris itu menjadi bintang lapangan kemenangan 6-1 Dortmund atas Paderborn pada pertandingan yang digelar di Benteler-Arena. Pemain yang lahir pada 25 Maret 2000 itu membuat tiga gol atau biasa disebutnya dengan hat-trick. Pembuka gol dari Dortmund tercipta dari Thorgan Hazard di menit ke-54. Kemudian Sancho menambah dua gol di menit ke-57 dan 74. Lalu Achraf Hakimi dan Marcel Schmelzer sumbang dua gol untuk Dortmund pada menit 85 dan 89. Lalu gol pamungkas pesepak bola 20 tahun tersebut yang memastikan dirinya mendapat hat-trick di menit ke-90+1.

Diketahui bahwa pemilik nama lengkap Jadon Malik Sancho adalah pemain sepak bola profesional tim nasional Inggris dan melakukan debutnya untuk tim senior pada 2018 lalu. Sebelum berseragam Dortmund pada 2017, Sancho muda sempat bergabung dengan Watford dan Manchester City. Di musim keduanya bersama Dortmund, Sancho berhasil buktikan sebagai pemain reguler tim utama dan dinobatkan sebagai tim bundesliga musim 2018 -2019. Menjelang musim 2019-2020, Sancho memenangkan trofi pertamanya setelah kemenangan DFL-Supercup atas Bayern Munich.

Tiga gol Sancho tak penuhi syarat sebagai hat-trick

Sejumlah tanggapan muncul dari torehan tiga gol Sancho dimana dianggap bukan sebagai hat-trick. Ternyata ada syarat tertentu untuk dinyatakan sebagai hat-trick  bukan hanya sekadar membuat tiga gol. Sebelumnya, pada Januari lalu, seorang wartawan jerman, Raphael Honigstein sempat mengatakan kepada BBC Radio Five secara live menyiarkan tentang syarat Hat-trick di Bundesliga. Jurnalis dari The Athletic tersebut menyebutkan bahwa seorang pemain dinyatakan hat-trick jika memborong tiga gol di satu babak secara beruntun. Hal itu dikomentarinya, saat menyoroti tiga gol Erling Braut Haaland pada laga debutnya bersama Borussia Dortmund.

Memang khusus di Jerman, untuk beberapa alasan, mereka tidak menganggap sah hat-trick dimana jika tidak dilakukan dalam satu babak. Untuk gol Sancho sendiri, dua gol di babak pertama dan satu gol di babak kedua, jadi gol – gol tersebut tidak dicetak secara beruntun. Gol Sancho secara beruntun di menit ke-57 dan 74 dijeda oleh Hakimi dan Schmelzer sebelum gol ketiga. Maka dari itu torehan tiga gol Sancho dalam laga kemarin bukanlah sebuah hat-trick. Pro kontra terhadap perolehan tiga gol kini pun menyoroti Sancho. Terlepas dari itu, Sancho tetap menjadi bintang di laga kemarin. Tak hanya tiga golnya yang menuai pujian, winger Dortmund itu juga dipuji berkat dukunganya terhadap korban rasialisme warga kulit hitam Amerika Serikat George Floyd oleh kepolisian Minneapolis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here