Youssoufa Moukoko

FFSPORTZ.COMBorussia Dortmund – Jika anda penggemar Liga Jerman atau Bundesliga pasti sudah mendengar kabar tentang salah satu wonderkid dari klub Borussia Dortmund. Dia adalah Youssoufa Moukoko. Moukoko tercatat telah berhasil memecahkan banyak rekor di level junior. Pesepak bola U19 Dortmund tersebut lahir pada 20 November 2004 silam. Pemain 15 tahun itu dikabarkan sudah akan ikut latihan bersama tim senior Dortmund mulai Juli depan.  Striker di tim junior Dortmund tersebut kerap menjadi bahan perbincangan, di tambah lagi di sering menjadi headline media karena performanya dalam bermain di level kompetisi junior.

Dortmund disarankan promosikan Youssoufa Moukoko ke tim utama

Performa dan penampilan yang impresif dari Youssoufa Moukoko telah memukau publik sepak bola di Jerman. Dia dikenal karena kemampuannya dalam mencetak gol yang luar biasa. Menurut sumber, Moukoko sudah banyak mencetak gol di berbagai level kompetisi junior bersama Dortmund. Pesepak bola berkebangsaan Kamerun itu tercatat sudah mencetak lebih dari 150 gol. Untuk musim ini, Moukoko kembali memberikan suguhan permainan yang gemilang dengan catatan 34 gol dalam 20 kali laga bersama tim U19 sebelum semua kompetisi Bundesliga ditangguhkan akibat pandemi virus Covid-19.

Seiring dengan performa yang memukau tersebut, banyak yang menyarankan agar Dortmund mempromosikan Moukoko ke tim utama. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa saat ini, Moukoko belum genap 16 tahun sehingga Dortmund harus menunggu sampai Moukoko memenuhi kriteria umur untuk berlaga di tim utama. Dortmund harus bersabar hingga November 2020 nanti. Menurut laporan dari sebuah media di Jerman, Bild am Sonntag menyatakan kalau Moukoko sudah makin dekat ke tim senior Dortmund dan dia sudah bisa mengikuti latihan bersama tim senior mulai Juli depan.

Dortmund tak akan terlalu menekan Wonderkid mereka

Meski Dortmund memiliki pemain junior dengan perkembangan yang  cukup positif, menurut Direktur olahraga Dortmund, Michael Zorc bahwa Dortmund tak akan terlalu menekan Wonderkid mereka. Selain itu, Zorc juga tak mau menaikkan ekspektasi terlalu tinggi karena Moukoko masih harus banyak belajar. Menurut sejumlah pihak, dikarenakan kehebatannya, Moukoko kerap dibanding – bandingkan dengan Samuel Eto’o dimana telah berhasil mencetak total 427 gol untuk klub dan timnas Kamerun. Selain Eto’o, Moukoko juga dibandingkan dengan Pierre Emerick Aubameyang yang berhasil mencetak 98 gol Bundesliga dan 141 gol di semua kompetisi selama 5 musim bersama Dortmund.

Moukoko menjadi salah satu skuat Timnas Jerman di kompetisi internasional. Dia bermain di U13 FC St. Pauli dari 2014 hingga 2016. Pada Juli 2016 lalu, Moukoko dipindahkan ke akademi muda milik Borussia Dortmund. Moukoko bermain untuk tim nasional  Jerman U16 untuk pertama kalinya pada 11 September 2017. Dia membawa timnya menang 3-1 atas Austria. Dia bermain sebagai satu-satunya pemain berusia 13 tahun di Bundesliga U-17 untuk Dortmund. Menariknya Moukoko naik level ke U19 untuk musim 2019/20 ini disaat usianya masih 14 tahun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here