Rafael Nadal Mundur dari Grand Slam US Open 2020

FFSPORTZ.COMUS Open 2020 – Kabar mengejutkan datang dari petenis asal Spanyol, Rafael Nadal. Nadal memutuskan untuk mengundurkan diri dari ajang tenis US Open 2020 yang akan digelar pada akhir Agustus ini. Sebelumnya, pada pekan akhir Juli kemarin, memang diberitakan bahwa Nadal dan Novak Djokovic akan mengikuti turnamen pemanasan US Open 2020 di Episentrum Covid-19, New York. Juara bertahan US Open itu juga sempat menyampaikan kecemasannya mengenai kebijakan penyelenggaraan US Open saat pandemi Covid-19 masih mewabah di Amerika Serikat.

Rafael Nadal Mundur dari Grand Slam US Open 2020

Seperti yang sudah diketahui bersama, Negeri Paman Sam, Amerika Serikat telah menempati urutan tertinggi tentang jumlah korban terinfeksi virus Covid-19. Disaat sejumlah turnamen tenis besar dibatalkan penyelenggaraannya tahun ini, termasuk Wimbledon, ternyata turnamen US Open diputuskan untuk tetap digelar. Salah satu turnamen Grand Slam itu menjadi laga pembuka untuk musim 2020 kali ini. Turnamen ini rencananya akan berlangsung 31 Agustus-13 September di Billie Jean King National Center, New York. Digelarnya US Open 2020 di tengah pandemi virus corona yang belum mereda, maka pihak panitia sepakat menggelar turnamen tanpa adanya penonton atau tertutup serta menerapkan protokol yang ketat.

Terbaru, Rafael Nadal menjadi petenis top dunia yang menyatakan bahwa dirinya mundur dari New York tahun ini. Sebelum Nadal, sejumlah atlet tenis kenamaan dunia telah menyatakan untuk absen di ajang tersebut misalnya Roger Federer,  kemudian Nick Kyrgios. Lewat unggahan di media sosial Instagram, Raja Lapangan tanah liat tersebut mengaku keputusan yang telah dirinya ambil berdasarkan kata hatinya sendiri. Kekhawatirannya terhadap dunia masih rumit yakni pandemi virus corona yang masih merebak serta masih meningkat. Usai berpikir dengan masak – masak, akhirnya Nadal putuskan tidak ikut serta di ajang US Open tahun ini.

Rafael Nadal Pastikan Tak Akan Pertahankan Gelar Turnamen US Open

Nadal mengikuti langkah petenis putri nomor satu dunia asal Australia, Ashley Barty yang juga memutuskan untuk tidak mengikuti turnamen Grand Slam Amerika Serikat  itu karena sama-sama mengkhawatirkan Covid-19. Petenis nomor dua dunia, Rafael Nadal memastikan tidak akan mempertahankan gelar turnamen US Open tahun ini. Nadaal menyampaikan rasa hormat yang tinggi kepada USTA (Asosiasi Tenis Amerika Serikat), penyelenggara US Open dan ATP atas usaha mereka yang tetap menggelar ajang turnamen ini bagi para pemain dan penggemar di seluruh dunia.

Petenis nomor satu dunia Novak Djokovic, lalu runner-up US Open tahun lalu Daniil Medvedev dan sepuluh petenis top lainnya termasuk di dalamnya Dominic Thiem, Stefanos Tsitsipas dan Alexander Zverev menyatakan akan turun di ajang US Open musim 2020 ini. Lalu, sejumlah petenis putri akan turun di US Open 2020, diantaranya juara Grand Slam 23 kali, Serena Williams, juara bertahan Bianca Andreescu. Ada lagi petenis asal Ceko Karolina Pliskova dan Sofia Kenin serta ada juga dengan juara US Open 2018, Naomi Osaka menyatakan untuk ikut serta. Di sisi lain, Madrid Open yang sedianya diadakan pada 12-20 September sudah dibatalkan karena naiknya jumlah kasus Covid-19 di ibu kota Spanyol itu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here