Sim Jian Qin
jupiterlotto

FFSPORTZ.COMProliga – Ajang Proliga merupakan gelaran voli profesional yang paling bergengsi di Indonesia. Atlet voli untuk Timnas Indonesia kebanyakan memang bermain di Proliga. Selain itu, gelaran voli profesional tertinggi ini telah menjadi daya tarik bagi para pemain asing. Setiap peserta Proliga diwajibkan minimal memiliki satu dan maksimal dua pemain asing. Jika anda penggemar Proliga tentu pasti tahu nama – nama pevoli asing yang pernah berlaga di ajang Proliga. Misalnya pada Proliga 2020 kemarin ada sejumlah pevoli asing putra diantaranya Victor Isaias Lopes Sanches, Lucas Allen Silva De Araujo, Balsa Radunovic, Osmel Camejo Durruthy dan lainnya.

Klub Jakarta Garuda rekrut pevoli putra Malaysia di Proliga 2019

Pada gelaran Proliga 2019 lalu, untuk sektor putri ada sejumlah pemain timnas voli putri Thailand yang tersebar di empat klub Proliga yang berbeda. Mereka diantarannya adalah Pimpichaya Kokram (Bandung Bank bjb Pakuan),  Ajcharaporn Kongyot (Jakarta BNI 46), Jutarat Montripila (Jakarta Elektrik PLN) dan Pornpun Guedpard (Jakarta PGN Popsivo Polwan). Sementara untuk di sektor putra ada satu nama pevoli asing yang cukup menarik perhatian. Pevoli tersebut adalah Sim Jian Qin dimana menjadi pasukan klub Jakarta Garuda.

Jangan terkecoh dengan namanya, memang sekilas terdengar bahwa pevoli tersebut memiliki nama seperti pevoli Tiongkok. Ternyata, Sim Jian Qin adalah seorang pevoli berkebangsaan Malaysia. Sim tercatat sebagai pevoli Malaysia pertama yang pernah berlaga di Proliga. Hal ini karena memang sebelumnya tidak ada atlet voli Negeri Jiran itu yang berkompetisi di Indonesia. Sim juga merupakan salah satu pemain timnas voli putra Malaysia. Pevoli kelahiran 10 November  1995 itu mengaku sudah lama penasaran ingin mencoba Proliga dan ketika ada tawaran, dia langsung menerimanya.

Sim sebut Malaysia tak punya kompetisi voli nasional

Pada saat menerima tawaran bermain kemarin, Sim masih tercatat sebagai mahasiswa tingkat akhir yang hanya menunggu waktu wisuda. Menurut penuturan Sim, Malaysia sudah tidak lagi memiliki kompetisi voli nasional. Maka dari itu, pria berpostur 189 cm harus mau jalani karier ke luar negeri untuk tetap menjaga permainannya secara profesional. Sebenarnya, Malaysia ada kompetisi voli yaitu pada 2011 dan 2012 namun sudah tidak ada lagi. Maka dari itu, negara tujuan pevoli Malaysia biasanya Thailand dan Vietnam untuk Asia Tenggara.

Daya tarik Proliga begitu kuat pada Sim. Dia sudah cukup lama mengamati kompetisi Proliga melalui kanal Youtube. Dari situ dia bisa mengetahui kualitas pemain Proliga dan bagaimana kompetisi ini. Menerima tawaran bermain di Proliga merupakan pertama kali bagi Sim bermain diluar Malaysia. Sim penasaran dengan pemain – pemain asing yang bermain di Proliga misalnya dari Eropa dan Kuba. Seperti yang sudah diketahui bersama bahwa klub Jakarta Garuda memiliki pemain rata – rata usia muda, dimana memang dengan tujuan untuk mengembangkan masa depan atlet mereka. pevoli yang berposisi sebagai Outside Hitter Itu mengaku kalau Voli Malaysia tertinggal jauh dari Indonesia. Sim juga merasa perlu ikut andil di ajang voli luar Malaysia, demi untuk mendapat pengalaman baru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here