Svetlana Kuznetsova

FFSPORTZ.COMSvetlana Kuznetsova – Ada kabar yang cukup memprihatinkan datang dari jagad tenis dunia dimana baru – baru ini telah diinformasikan oleh salah satu petenis veteran asal Rusia, Svetlana Kuznetsova. Menurut Kuznetsova, dia mempertanyakan kedalaman dunia tenis putri dengan menyatakan bahwa dia tidak yakin siapa yang saat ini berada di peringkat 10 besar. Dalam sambungan instagram secara live, petenis peringkat 32 dunia itu menyatakan bahwa dirinya sangat khawatir dengan penurunan konsistensi dari para atlet tenis peringkat atas dibandingkan musim – musim sebelumnya. Sementara untuk tenis putra justru malah sebaliknya, dominasi The Big Three (Roger Federer, Rafael Nadal dan Novak Djokovic) semakin terlihat.

Kuznetsova sebut turnamen WTA telah alami penurunan

Menurut pengakuan dari seorang Svetlana Kuznetsova, dia sebenarnya tidak menyerang siapapun, tetapi turnamen WTA telah alami penurunan. Sebelum musim 2020 ini, untuk tenis putri masih memiliki banyak petenis top dunia dan saat ini Kuznetsova mengaku tidak tahu siapa yang berada di peringkat 10 besar dunia. Pergantian benar – benar sangat tinggi. Bukan disebabkan karena petenis – petenis di level pertengahan mulai mendekati petenis di peringkat atas, justru malah terjadi penurunan peringkat dari sepuluh besar.

Jika melihat perjalanan WTA sejak musim 2017, ada 11 juara Grand Slam yang berbeda di nomor tunggal putri. Pada Periode tersebut, hanya Simona Halep dan Naomi Osaka yang berhasil memenangkan lebih dari satu gelar Grand Slam. Tidak hanya Kuznetsova yang memiliki pemikiran seperti itu. Sekitar November 2018, salah satu legenda tenis dunia, Martina Navratilova menuliskan sebuah pernyataan yang berbunyi “kurangnya konsistensi adalah hal normal yang baru”dalam sebuah artikel yang dikeluarkan oleh website WTA. Dalam artikel tersebut disebutkan ada sejumlah petenis putri yang telah memenangkan Grand Slam tetapi tidak bisa mempertahankan performanya di Grand Slam selanjutnya.

Peringkat dunia tenis putri per 16 Maret 2020

Jika melihat peringkat dunia tenis putri saat ini yaitu per 16 Maret 2020, 60 persen petenis peringkat 10 besar juga berada di peringkat tersebut pada 12 bulan sebelumnya atau musim sebelum 2020. Para petenis tersebut diantaranya Simona Halep, Naomi Osaka, Elina Svitolina, Kiki Bertens, Karolina Pliskova, dan Serena Williams. Kemudian, di sisi lain, sejak musim 2017, ada delapan atlet tenis putri yang berbeda telah meraih posisi peringkat 1 dunia.

Sementara itu,  untuk Svetlana Kuznetsova sendiri, petenis yang lahir pada 27 Juni 1985 tersebut telah mengoleksi 18 gelar dimana didalamnya ada gelar US Open 2004 dan French Open 2009. Dalam kariernya, petenis yang kini berusia 34 tahun itu mencapai partai final tunggal Grand Slam sebanyak empat kali. Pemilik nama lengkap Svetlana Aleksandrovna Kuznetsova itu juga pernah tampil ganda dan mencapai final sebanyak tujuh kali dimana menjuarai Australia Terbuka dua kali. Selain itu dia juga sempat meraih 1 gelar tunggal di ITF serta 16 gelar ganda pada WTA.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here