Bos Hoffenheim
jupiterlotto

FFSPORTZ.COM – Ada hal yang cukup mencengangkan terjadi di bundes liga atau liga Jerman pada sabtu 29 Februari 2020 keamrin. Pada laga Bayern Muenchen kontra Hoffenheim, sebagian suporter Liga Jerman menyuarakan kebencian terhadap penyandang dana Hoffenheim yaitu Dietmar Hopp. Diketahui bahwa Suporter garis keras Bayern Munchen membentangkan spanduk bernada hinaan terhadap Hopp. Bos dari Hoffenheim ini dianggap telah menyalahi tradisi kepemilikan klub 50+ 1 dalam Bundes Liga. Para supporter yang dikenal sebagai supporter garis keras menyuarakan kebencian mereka kepada penyadang dana Hoffenheim tersebut.

Spanduk hinaan kepada Dietmar Hopp dibentang supporter Bayern

Para supporter garis keras liga Jerman tersebut membentangkan spanduk yang bertuliskan “Dietmar Hopp Anak Pelacur” pada saat laga antara Bayern dengan Hoffenheim. Setelah diketahui, ternyata  supporter yang membentang  spanduk tersebut adalah supporter Bayern. Tindakan supporter tersebut seolah menginjak harga diri dari Hoffenheim lantaran dilakukan di Stadion PreZero Arena di Kota Sinsheim. Disebabkan aksi supporter yang tidak terpuji tersebut, skuad Bayern memutuskan mogok main dan meninggalkan lapangan. Setelah masuk kembali ke lapangan pada menit ke-77, para pemain Bayern dan Hoffenheinm malah justru tidak bertanding, mereka hanya saling mengumpan bola di tengah lapangan.

Sebenarnya suporter Bayern bersikap demikian terhadap Hopp pasti ada alasannya. Sebelumnya juga terjadi hal yang serupa yaitu oleh Supporter Borussia Dortmund. Hal tersebut menimbulkan sanksi larangan supporter Dortmund mengunjungi Hoffenheim selama dua musim. Santer terdengar bahwa Hopp menurut sebagian supporter Liga Jerman sudah menyalahi tradisi kepemilikan klub di negara itu. Jerman memiliki aturan 50+1 yang berarti bahwa saham mayoritas klub harus dikuasai oleh para suporter. Jadi, 50 persen saham klub harus milik suporter dan baru satu persen saham berikutnya boleh untuk pihak lain di luar fans atau anggota suporter. Kecuali dua klub yaitu Bayer Leverkusen dan Vfl  Wolfburg dengan alasan sejarah. Leverkusen dimiliki oleh perusahaan farmasi Bayer sedangkan Wolfsburg milik pabrikan mobil Volkswagen (VW).

Dietmar Hopp menjadi pemilik tunggal Hoffenheim selama 20 tahun kedepan

Mitra pendiri perusahaan piranti lunak (software) SAP yang dipimpin Dietmar Hopp itu pun menjadi pemilik tunggal Hoffenheim hingga lebih dari 20 tahun ke depan. Para penggemar Liga Jerman menilai ada yang salah pada pembagian ini. Protes ini mengingatkan pada Martin Kind yang mengambil alih saham mayoritas Hannover 96 pada 2017 lalu. Pada akhir pertandingan tercatat  bahwa Bayern menang dengan skor 6-0 atas Hoffenheim, CEO Bayern Munchen Karl-Heinz Rummenigge bersalaman dengan Hopp di tengah lapangan. Mereka bersama menggalang solidaritas atas kejadian tersebut. Rummenigge akan mencari para supporter atau dalang dari aksi buruk tersebut.

Bagi suporter Liga Jerman, ternyata suara protes mereka bukan terhadap Hopp pribadi. Namun, Mereka memprotes atas gagasan yang memberi keistimewaan kepada satu orang untuk menguasai saham mayoritas klub di Liga Jerman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here