Sumbangsih Proliga Untuk Mensukseskan Timnas Di Kancah Voli Internasional
jupiterlotto

FFSPORTZ.COM – Jika melihat sejarah turnamen voli nasional, sejak pertama kali Proliga yang digelar pada tahun 2002 nampaknya pesertanya hanya sedikit. Peserta liga bola voli  proliga tidak sebanyak jumlah peserta Indonesian Basketball Leagua (IBL) ataupun sepak bola Liga 1. Jumlah peserta tiap tahunnya selalu kurang dari 10 tim. Tercatat bahwa ketika pertama kali digelar ada 8 tim yang berpartisipasi yaitu sama – sama 8 tim baik voli putra dan putri.

Hingga Kini Liga Voli Proliga 2020 Masih Minim Peserta

Jumlah peserta tidak sama tiap tahunnya, contohnya pada tahun 2020 ini, hanya ada 6 tim voli putra yang ikut berpartisipasi yaitu Surabaya Bhayangkara Samator, Jakarta Pertamina Energi, Jakarta Garuda, Jakarta BNI 46, Palembang Bank Sumsel Babel, dan Lamongan Sadang MHS. Sementara untuk Tim voli putri tercatat hanya malah ada 5 tim putri yang terdaftar dalam kompetisi, yaitu Bandung Bank BJB Pakuan, Jakarta PGN Popsivo Polwan, Jakarta Pertamina Energi, Jakarta BNI 46, dan Gresik Petrokimia Bank Jatim.

Meskipun sedikit peserta namun gelaran voli yang paling bergengsi di tanah air ini mampu mencetak banyak atlet – atlet yang mampu mewakili Indonesia di kancah Internasional. Sehingga bisa dikatakan bahwa Proliga berkontribusi besar dalam prestasi Indonesia di cabang Olahraga voli.

Prestasi Atlet Timnas Bola Voli Tanah Air Di kancah Internasional

Sudah bukan rahasia lagi bahwa Timnas Voli Indonesia telah menorehkan prestasi gemilang pada SEA Games 2019 Filipina lalu. Timnas putra dan putri meraih juara di cabang Voli pada gelaran dua tahun sekali tersebut. Untuk Timnas Voli Putri Indonesia meraih medali perunggu sedangkan Voli putra meraih Emas. Total dari 21 kali Cabor Voli digelar Di SEA Games Indonesia sudah mengumpulkan 21 medali dengan rincian 10 emas, 7 perak dan 2 medali perunggu. Dengan torehan ini, mengukuhkan Indonesia sebagai peraih medali emas terbanyak sepanjang sejarah SEA Games.

Torehan prestasi voli tanah air tentu tidak lepas dari peran Proliga. Hal ini sesuai dengan pernyataan salah satu skuat Voli putra nasional Nizar Zulfikar bahwa mereka sudah terbiasa di Proliga bahkan lebih menegangkan Proliga ketimbang event internasional. Di event internasonal tidak hanya bertanding tetapi juga sambil belajar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here