Egor Kliuka
indoagen

Berita Voli Dunia – Di usia yang baru 25 tahun, Egor Kliuka sudah menjadi pemain simbolik dan salah satu bintang Timnas Rusia. Egor tercatat lahir di sebuah keluarga atlet pada tahun 1995 di Belarus. Sebelum voli, olahraga pertama yang dia lakukan saat kecil adalah anggar. Egor Menekuni voli dengan begitu cepat, ketika berusia 15 tahun, dia telah menandatangani kontrak pertamanya dengan klub lokal dan melakukan debutnya di kejuaraan Belarusia. Beberapa bulan kemudian, yakni pada Januari 2011, dia sudah berkompetisi sebagai anggota timnas junior Belarusia.

Egor Kliuka Alami Perkembangan dengan Sangat Cepat di Level Junior

Manajer Fakel Novy Urengoy menyatakan bahwa Egor Kliuka segera ditawari untuk bergabung dengan klub Rusia dan menghabiskan dua musim berikutnya bersama skuad junior klub. Egor Kliuka alami perkebangan dengan sangat cepat di level junior dan dia mendapatkan kewarganegaraan Rusia. Dia masuk ke skuad seniro Fakel dan pada musim gugur 2014, Egor mulai dipanggil ke tim nasional Rusia.

Medali pertamanya bersama tim kedua Rusia adalah perunggu European games 2015. Kemudian medali emas pada FIVB Volleyball U23 World Championship tahun 2015. Pada laga tersebut, dia dinobatkan sebagai MVP dan Dream Team outside hitter. Dia membuat penampilan rookie di tim nasional senior di CEV European Championship 2015. Sejauh ini, pevoli berpostur 2,09 meter tersebut dan telah mengumpulkan sebanyak 88 caps dan mencetak total 969 poin. Selain itu saat dia juga mendapat medali emas di FIVB Volleyball Nations League 2018 dan 2019 dan gelar kontinental di EuroVolley 2017.

Egor Kliuka Berkontribusi Pada Kesuksesan Rusia di Kualifikasi Olimpiade Tokyo

Egor Kliuka juga berkontribusi pada kesuksesan Rusia di turnamen Kualifikasi Bola Voli Tokyo tahun lalu yang digelar di Saint Petersburg dan dia sangat ingin merasakan penampilan keduanya di Olimpiade di Olimpiade Tokyo 2020 tahun depan. Sebelumnya, Egor juga menjadi bagian dari tim Rusia di Olimpiade Rio. Dia mengatakan bahwa pada olimpiade tahun depan itu akan menjadi ajang yang sangat inovatif dalam hal teknologi ilmiah. Dia yakin kalau orang Jepang mampu melakukannya sebab mereka sangat cerdas, baik hati dan ceria.

Di level klub, Kliuka telah menghabiskan total delapan musim bersama Fakel Novy Urengoy, memenangkan perunggu di Volleyball Men’s Club World Championship FIVB 2018 serta medali emas dan perak di CEV Challenge Cup. Dia pindah ke klub Zenit Saint Petersburg untuk musim mendatang. Di sana, Kliuka akan dilatih oleh Tuomas Sammelvuo dari Finlandia, yang juga pelatih dari tim nasional Rusia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here