Steve Simon

FFSPORTZ.COM Tenis Dunia – Pada informasi sebelumnya, diketahui bahwa petenis kelas dunia Roger Federer gencar menyuarakan untuk peleburan asosiasi tenis putra dan putri jadi satu. Walhasil, saran atau pertimbangan Roger tersebut mendapat sambutan positif dan juga dukungan Ketua eksekutif WTA Tour, Steve Simon.  Dalam sebuah wawancara dengan New York Times pada Selasa kemarin, Simon mengatakan kalau peleburan kedua asosiasi itu merupakan hal yang masuk akal. Kemudian, Simon juga mengatakan kalau peleburan dua Asosiasi tersebut tidak semudah yang dibayangkan, namun sudah ada jalan menuju ke sana.

Pernyataan peleburan asosiasi tenis oleh Roger menarik perhatian publik

Usut punya usut pernyataan Steve Simon muncul setelah petenis Roger Federer dan Rafael Nadal menyuarakan dukungan untuk peleburan ATP dan WTA pada bulan lalu. Roger mengutarakan unek – uneknya kalau dia ingin melihat ATP dan WTA bersatu. Pernyataan Federer segera menarik perhatian sejumlah tokoh olahraga tenis, salah satunya yaitu Legenda Tenis putri Billie Jean King. King setuju dengan gagasan tersebut dan bahkan dia mengatakan itu sejak awal tahun 1970-an. Dan menurut King, sudah saatnya ATP dan WTA memang harus digabung.

Simon menyakini kalau peleburan kedua organisasi masih belum akan terjadi dalam waktu dekat ini. Namun dengan ketidak pastian akibat pandemi Covid-19 menurutnya bisa memberi dorongan untuk lebih cepat proses kearah itu. Saat ini merupakan waktu yang pas. Krisis dan tantangan kadang menghadirkan sebuah peluang. Semenjak pandemi corona yang semakin meluas, baik WTA maupun ATP terpaksa melakukan banyak penghematan. Hal ini terlihat bahwa kedua asosiasi itu mengeluarkan tawaran hadiah dengan jumlah yang sama. Kedua asosiasi itu telah menangguhkan turnamen tenis dan bahkan ada yang dibatalkan. Simon juga sempat mengatakan kalau peleburan dua asosiasi itu bukan langkah untuk menyelamatkan organisasi WTA. Pihaknya baik – baik saja, tapi pihak WTA pun juga mendukung konsep ini.

Andy Murray sangat setuju dengan usulan Roger Federer

Petenis Inggris Andy Murray juga beri dukungan terhadap peleburan kedu asosiasi tenis dunia itu. Selain Murray, tentu banyak petenis lainnya yang setuju dengan gagasan penggabungan ATP dan WTA tersebut. Banyak petenis putra yang membicarakan hal peleburan tersebut dan ini merupakan hal yang sangat menjanjikan. Murray juga menyampaikan bahwa ini bukan hanya demi kepentingan petenis putra, namun juga memberikan kesempatan bagi petenis putri dalam menyampaikan pendapat.

Gagasan peleburan dua asosiasi ini sebenarnya sudah ada sejak puluhan tahun namun hanya berujung pada debat yang tak jelas arahnya. Saat turnamen tenis profesional di kedua asosiasi sebelum ditunda akibat pandemi corona, ATP justru menawarkan hadiah lebih banyak daripada ajang yang digelar oleh WTA. Hal tersebut memang memunculkan pandangan yang berbeda di kalangan petenis profesional misalnya Rafael Nadal yang sangat setuju dengan gagasan itu, sementara Nick Kyrgios justru berpikir sebaliknya. Ide peleburan dua Asosiasi ini masih mengahadapi banyak kendala.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here