Goh Liu Ying

FFSPORTZ.COMGoh Liu Ying – Sempat menuding Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) sengaja membuat peraturan kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020 baru yang menguntungkan atlet Tiongkok dan Hong Kong, kini Goh Liu Ying Mengaku merasa lega karena keluhannya direspon pihak BWF. Sebelumnya memang di ketahui salah satu pebulu tangkis ganda Negeri Jiran itu menyebut BWF sengaja membuat peraturan kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020 yang baru dimana dapat untungkan atlet bulu tangkis sektor ganda Tiongkok dan Hong Kong. Seperti yang sudah diketahui bersama bahwa BWF telah merilis peratura baru terkait kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020 yang dimundurkan ke 2021 mendatang. Akan tetapi BWF dapat kritikan pedas mengenai poin yang mereka buat tersebut.

Goh Liu protes poin klualifikasi BWF baru untuk Olimpiade Tokyo

Goh Liu Ying memprotes poin dimana atlet dari Tiongkok dan Hong Kong berhak memperoleh poin dari Kejuaraan Beregu Asia 2021. Atlet dari Tiongkok maupun Hong Kong tidak dapat berpartisipasi pada gelaran  Beregu Asia 2020 di Manila.  Mereka tidak bisa ikut serta karena imbas dari pembatasan perjalanan sebab virus corona yang diterapkan pemerintah Filipina dari kedua negara tersebut. Dalam protesnya, Goh Liu mempermasalahkan dalam peraturan tersebut yaitu BWF memasukkan pertandingan ganda campuran ke poin tersebut. Padahal pertandingan Badminton Asia Team Championship hanya bersangkutan denga pemain tunggal dan gandra putra serta putri saja.

Merespon poin tersebut, pebulu tangkis Senior Malaysia itu meminta BWF untuk meninjau salah satu peraturan baru untuk proses kualifikasi yang diperpanjang tahun depan untuk Olimpiade Tokyo. Dia mengklaim bahwa putusan dari BWF tidak adil bagi atlet yang lain. Dia mempertimbangkan ganda campuran bukan bagian dari kompetisi tim putra dan putri yang bertindak sebagai kualifikasi untuk kejuaraan Piala Thomas dan Uber di Aarhus muali 3-11 Oktober. Pasangan Malaysia akan berada di antara mereka yang terkena dampak (Tiongkok dan Hong Kong) karena sebanyak tiga pasangan Malaysia masih sangat mungkin ikut dalam lomba kualifikasi ketika mulai kembali pada januari mendatang.

Goh Liu puji keputusan BWF menindaklanjuti poin baru kualifikasi Olimpiade

Setelah keluhanya didengar, Goh Liu Ying kemudian memberikan pujian terhadap keputusan BWF. Pebulu tangkis 31 tahun itu menilai bahwa pihak BWF telah melakukan putusan yang benar pada proses kualifikasi Olimpiade untuk pemain ganda campuran. Dia mengaku senang bahwa suaranya tidak hanya didengar oleh badan dunia tetapi BWF segera menindaklanjuti hal tersebut. Goh Liu Ying mengungkapkan kalau pihak BWF sudah membuat amandemen dan sekarang adil untuk semua atlet.

Dalam peraturan baru atau undang – undang yang diubah menyatakan bahwa pasangan ganda campuran dari Tiongkok dan Hong Kong sekarang tidak akan diberikan poin peringkat Olimpiade untuk partisipasi mereka di Kejuaraan Beregu Campuran Asia tahun depan. Poin hanya akan diperoleh oleh para pemain tunggal putra dan tunggal putri, serta ganda putra dan putri dari kedua negara tersebut. Selain Goh Liu Ying, pihak PBSI sendiri juga telah menyatakan ketidakpuasan dengan hal yang sama. PBSI merasa kalau keputusan BWF dapat membahayakan peluang atlet bulu tangkis tanah air untuk lolos ke Olimpiade Tokyo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here