Sekjen PP PBSI

Badminton Indonesia – Beberapa waktu sebelumnya diberitakan bahwa masa bakti ketua umum (Ketum) Pengurus Pusat Persatuan Bulu tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) untuk periode 2016-2020 Wiranto akan segera berakhir. Kepengurusan PP PBSI di bawah kepemimpinan Wiranto sendiri, akan berakhir pada Oktober ini. Hanya dikarenakan semua terfokus kepada penundaan penyelenggaraan turnamen besar akibat pandemi Covid-19, agenda besar di dalam internal PBSI jadi terlewatkan. Pada akhir tahun ini Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) memiliki pekerjaan besar lain yaitu Musyawarah Nasional (Munas) dengan agenda utamanya adalah pemilihan ketua umum untuk periode 2020-2024.

Sekjen PP PBSI Sebut Caketum Minimal Harus Didukung 10 Pengprov

Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) Achamd Budiharto menuturkan bahwa calon ketua umum minimal harus mengantongi dukungan dari 10 pengurus provinsi (Pengprov). Budi menyatakan kalau hal itu memang sesuai dengan AD/ART PBSI. Berdasarkan jumlahnya, PBSI memiliki 34 pengurus provinsi yang akan memberikan suara untuk pemilihan ketua umum pada Musyawarah Nasional (MUNAS) PBSI mendatang.

Calon ketua umum (Caketum) akan ditetapkan oleh tim penjaringan.  Hingga saat ini, Budi menyatakan bahwa persiapan Munas masih dalam proses dan diperkirakan digelar pada Oktober atau November mendatang. Sementara itu, untuk Bursa Caketum PBSI untuk periode 2020/2024 hingga saat ini baru memunculkan satu nama yaitu Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.

Sejumlah Legenda Bulutangkis dan Pengprov Dukung Moeldoko Sebagai Ketum PBSI

Pada pertengahan bulan Juni lalu ada sejumlah nama yang masuk dalam bursa calon Ketum PBSI diantaranya Menteri BUMN Erick Thohir, Kapolri Jenderal Idham Azis, lalu ada mantan Menteri Hukum dan HAM Hamid Awaluddin. Bahkan,  Menko Perekonomian Airlangga Hartarto yang saat masih menjabat  sebagai Ketua Umum PB Wushu Indonesia (2017-2021) pun diajukan. Pekan lalu diketahui bahwa ada sejumlah legenda bulu tangkis Indonesia, secara redsmi memberikan dukungan kepada Moeldoko untuk maju sebagai calon Ketua Umum PBSI untuk periode 2020/2024.

Para legenda bulu tangkis tersebut diantaranya dari PB Djarum yaitu Liem Swie King, Lius Pongoh, Ivanna Lie, Tontowi Ahmad, Liliana Natsir, Christian Hadinata, serta Yuni Kartika dari PB Djarum. Sementara dari Jaya Raya diwakili Imelda Wiguna, Rudy Hartono, dan Markis Kido. Tak hanya mereka, sejumlah Pengprov menyatakan secara terbuka mendukung Moeldoko maju sebagai Ketum PBSI yaitu Pengprov Jawa Timur, Pengprov Jawa Tengah, dan Pengprov Yogyakarta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here