Sejumlah Klub NBA Sepakat Mendesak Jadwal Draft Diundur

FFSPORTZ.COMDraft NBA 2020 – Jika sebelumnya sudah ada informasi mengenai beberapa pemain basket yang masuk dalam draft NBA 2020, kali ini masih berbicara tentang draft NBA. Seperti yang sudah diberitahukan sebelumnya sejumlah pemain yang sudah masuk ke dalam draft NBA 2020 diantarannya Theo Maledon, Deni Avdija, Killian Hayes dan ada lagi Aleksej Pokusevski (Olympiacos) dan Leandro Bolmaro (Barcelona) serta lainnya. Suka cita menyambut draft NBA 2020 nampaknya masih ditunda, mengapa? Alasannya adalah tidak lain dan tidak bukan karena wabah covid-19 yang saat ini sudah merajalela di seluruh penjuru dunia. Tidak sedikit klub – klub NBA yang sepakat untuk mendesak penyelenggara draft NBA untuk memundurkan gelaran tersebut.

Klub – klub NBA bersatu dorong penyelenggara NBA mundurkan jadwal draft

Sebagai informasi saja, jadwal semestinya draft NBA seharusnya adalah 25 Juni 2020. Namun, wabah virus corona yang masih mengganas di Amerika Serikat, sejumlah klub – klub NBA sepakat untuk mendorong pihak penyelenggara Liga basket NBA memundurkan jadwal draft. Dari yang sebelumnya tanggal 25 Juni menjadi 1 Agustus 2020. Sejumlah jajaran eksekutif klub NBA secara yakin mengatakan kepada ESPN kalau pergeseran tanggal draft akan membuat organisasi basket punya waktu untuk menyiapkan kelengkapan penting dalam proses pra-draft.

Kemudian soal latihan lalu wawancara pemain dan juga evaluasi medis jelas idak bisa dilakukan saat ini karena terbentur aturan sosial distancing dan isolasi diri. Untuk saat ini, NBA masih mematuhi masa penangguhan yang disampaikan komisioner NBA, Adam Silver bahwa 1 Mei adalah waktu yang paling cepat untuk memutuskan apakah kalender liga basket pada musim ini dilanjutkan atau tidak. Jadwal 1 Agustus akan fleksibel yang didasarkan kepada apakah liga bisa mulai lagi dan melanjutkan musim reguler serta playoff sepanjang musim panas.

Sejumlah pihak ingin draft NBA dan Free-Agency diadakan bulan September

Jika mengacu pada jadwal yang dipaparkan oleh Komisioner NBA maka sejumlah pihak menganggap draft NBA dan free-Agency yang diadakan pada September merupakan pilihan yang paling baik dan bijak. Hal ini berdasarkan pada asumsi bahwa sisa kompetisi musim ini akan diselesaikan sekitar akhir pekan dari hari buruh. Kemudian perlu dipahami bahwa tidak akan ada draft ketika klub – klub masih bermain selama musim kompetisi sebab hal itu akan mengahapus bagian penting dari draft, yaitu pertukaran pemain.

Para pejabat tim menyakini draft dan free agency harus tetap berkaitan dengan kalender kompetisi begitu musim ini berakhir. ESPN mendapatkan memo pada senin lalu yang berbunyi bahwa NBA sudah memberitahu klub – klub bahwa sejumlah klub dilarang megadakan wawancara pemain sampai ada pemberitaan lebih lanjut. Klub – klub NBA diperbolehkan mengadakan wawancara secara virtual dalam rencana draft nanti akan tetapi dibatasi waktu. Mereka akan mendapatkan waktu empat jam untuk setiap pemain. Klub – klub NBA juga dilarang meminta video latihan pemain yang dilakukan di luar markas timnya. Klub hanya diperbolehkan mempelajari video yang dibuat sebelum NBA menghentikan sementara kompetisi musim ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here