Sejumlah Klub Jerman Sepakat Penundaan Kembali Bundesliga Sampai 30 April 2020

FFSPORTZ.COM – Wabah covid-19 atau virus corona menyebar luas dibenua Eropa. Ada sejumlah negara dengn populasi yang dibilang cukup besar tengah terpapar virus corona. Setelah korban paling banyak adalah Italia, ada menyusul negara lain yang terinfeksi corona misalnya Spanyol, Perancis dan Jerman. Jerman saja memiliki populasi lebih dari 80 juta penduduk, lalu bagaimana dengan nasib persepakbolaan mereka di tengah kepungan ganasnya virus corona ini. Diberitakan bahwa Klub – klub di Jerman yang tergabung dalam Bundesliga dan Bundesliga 2 sepakat memperpanjang penundaan kompetisi mereka.

36 klub Bundesliga sepakat perpanjang penundaan hingga 30 April

Dengan masih belum jelas kapan virus corona akan mereda di daratan Jerman, maka sejumlah klub Bundesliga untuk memperpanjang jeda waktu kompetisi mereka. Diketahui ada 36 klub kasta tertinggi Bundesliga telah sejutu perpanjangan penundaan laga hingga 30 April. Hal tersebut diketahui melalui konferensi video pada Selasa kemarin.  Kesepakatan tersebut dilakukan bukan atas inisiatif klub Bundesliga 1 dan 2 tersebut melainkan kesepakatan itu sudah didiskusikan bersama otoritas Liga Jerman (DFL). Selain itu, mereka juga melihat adanya kemungkinan untuk memainkan pertandingan sisa musim 2019-2020 secara tertutup atau tanpa adanya penonton.

Hal mengenai  keputusan memundurkan lagi penundaan Liga Jerman diwakili Kepala Eksekutif DFL, Christian Seifert yang mendapat dukungan sejumlah pihak mengatakan pihaknya berencana menjadikan akhir musim ini pada 30 April 2020. Jadi Bundesliga akan diundur lagi sebanyak 4 pekan lagi sebelum memulai laga kembali. Sisa pertandingan akan dijalankan tanpa penonton, kemungkinan hingga musim mendatang atau hingga akhir tahun ini. Liga paling prestis di Jerman tersebut akan dilanjutkan pada pekan pertama bulan Mei. Hal ini senada dengan CEO Bayern Munchen, Karl-Heinz Rummenigge mengataka bahwa Bundesliga harus tetap dilanjutkan. Sebab ada dua alasan penting yaitu demi sportivitas dan menghindari kerugian secara material  dapat diminimalisir

Penundaan Bundesliga berimbas pada kondisi keuangan banyak klub

Kompetisi Bundesliga telah ditunda sejak pertengahan Maret lalu, namun banyak yang berharap itu bisa dilanjutkan kembali. Seiring dengan penundaan bundesliga berimbas pada kondisi keuangan banyak klub. Sang kepala DFL, Seifert tidak mengonfirmasi kabar jika ingin mengakhiri musim ini pada 30 Juni. Kegagalan menyelesaikan musim 2019/2020 akan membuat klub-klub menghadapi masalah finansial sebab akan kehilangan pendapatan krusial dari penjualan tiket dan terutama hak siar.

Sehingga membuat para pemain dari klub Borussia Dortmund, Bayern Muenchen, Red Bull Leipzig dan Bayer Leverkusen bersedia diberlakukan potong gaji demi membantu tim – tim Bundesliga yang mengalami masalah keuangan. Kemudian Bundesliga (DFL) umumkan tenaga medis bekerja maksimal demi kelanjutan laga. Selain itu, dalam kesepakatan tersebut, DFL juga melonggarkan peraturan isensi yang ketat, dimana membuat klub dikurangi Sembilan poin jika mereka menyatakan bangkrut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here