Sejarah Dan Perkembangan Olahraga Bola Voli Di Tanah Air

FFSPORTZ.COM – Kamu suka dengan bola voli? Atau malah kamu adalah seorang atlit voli. Tahukah kamu bagaimana sejarah bola voli di Indonesia? Sebagaimana orang tauhu bahwa olahraga voli adalah salah satu cabang olahraga yang dimainkan secara beregu dan dengan dua tim dan tim tersebut saling berlawanan. Perlu diketahui bahwa bola voli merupakan olahraga yang cukup favorit di Indonesia dan bahkan di dunia. Olahraga voli dinaungi oleh induk oraganisasi bola voli internasional yang bernama Federation Internasional de Volleyball (FIVB). Sedangkan untuk Indonesia sendiri olahraga voli dinaungi oleh Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI)

Sejarah Bola Voli Di Tanah Air

Pada zaman penjajahan bangsa Indonesia banyak mengalami masa – masa susah dan sulit. Banyak nyawa, harta benda dan kekayaan alam dirampok habis – habisan oleh belanda. Namun di masa ini juga, Bangsa Indonesia mengenal olahraga bola voli.  Bangsa Indonesia mengenal bola voli dari penjajah Belanda yang saat itu menguasai Nusantara. Pada masa penjajahan tepatnya pada tahun 1928, permainan voli ini dimainkan oleh para penjajah yang berasal dari Belanda dan juga golongan bangsawan. Pada saat itu, upaya yang dilakukan untuk memajukan olahraga voli dengan cara mendatangkan pelatih – pelatih dari Belanda.

Tidak hany para pelatih professional yang didatangkan untuk memajukan bola voli Hindia Belanda, akan tetapi juga ada peran para tentara yang bisa di katakan cukup besar pengaruhnya terhadap voli. Apa yang dilakukan para tentara tersebut? Para tentara atau serdadu belanda sering memainkan olahraga voli di asrama – asrama mereka. Mereka tidak hanya sekedar blatihan semata, bahkan para tentara juga sering melakukan kompetisi antar kompeni. Demikian serangkain sejarah singkat mengenai bola voli di Indonesia, semoga bisa menjadi informasi untuk menambah wawasan tentang voli. Lalu bagaimana kelanjutannya di Indonesia?

Pengembangan olahraga bola voli di Indonesia

Perkembangan olahraga bola voli di Indonesia bisa dikatakan cukup sepat. Hal ini terbukti dari banyaknya klub – klub voli yang bermunculan dari berbagai kota besar di Indonesia.  Melihat perkembangan yang sangat cepat dan pesat, maka tidak lengkap jika tidak ada satu oraganisasi nasional yang bisa menyatukan dan menaungi olahraga voli yang ada di Indonesia. Maka dari itu, secara resmi pada tanggal 22 Januari 1955 berdirilah Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) yang berlokasi di Ibu kota Jakarta. Tidak hanya sampai disitu, karena perkembangan olahraga voli yang cukup pesat maka dari itu langsung diadakan kejuaraan tingkat nasional yang pertama di tahun itu juga. Sedangkan untuk saat ini, kompetisi bola voli tertinggi di Indonesia adalah Proliga. Kompetisi Proliga ini dimulai sejak tahun 2002, tidak hanya melibatkan pevoli dalam negeri akan tetapi juga pevoli dari mancanegara.

Semenatara untuk pengembangannya, cabang olahraga voli memiliki beberapa jenis permainan. Yang pertama ada voli lapangan dimana masing – masing tim terdiri dari enam orang inti dan beberapa pemain cadangan. Lalu berkembang dengan muncul voli dalam ruangan atau Indoor. Kemudian untuk jenis yang kedua ada voli pantai. Dalam voli pantai, masing – masing tim ada dua orang pemain, sehingga dalam sekali laga ada 4 orang pevoli yang saling melawan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here