anggota kerajaan inggris
jupiterlotto

FFSPORTZ.COMWimbledon – Turnamen tenis Wimbledon dimulai pada tahun 1877, namun setelah beberapa dekade baru Keluarga Kerajaan Inggris terlibat dalam turnamen ini. Keterlibatan Prince of Wales dan Princess Mary pada turnamen tenis tertua di dunia itu pada 1907 dimana menjadi awal permulaan ada hubungannya dengan keluarga kerajaan.  Menurut dari keterangan dalam buku George Hillyard: The Man Who Moved Wimbledon, Prince of Wales merupakan teman Hillyard semasa kecil. Prince of Wales diminta menjadi Presiden All England Lawn Tennis Club and Croquet Club (AELTC) dan menyerahkan trofi juara. AELTC yang lebih dikenal dengan All England Club merupakan klub tenis eksklusif di Inggris dimana tempat diselenggarakannya turnamen Wimbledon.

Raja George V didapuk sebagai pelindung All England Club pertama

Kemudian, setelah Prince of Wales menjadi Raja george V posisi baru didapatnya yaitu sebagai Patron of The All England Club atau Pelindung All England Club. Sejak saat itu, peran anggota kerajaan dalam posisi tersebut mulai dipertahankan. The Wimbledon Compendium 2019 yang merupakan ensiklopedi yang dikeluarkan oleh All England Club menyebutkan bahwa Ratu Elizabeth II adalah cucu dari Raja George V. Ratu Elizabeth II didapuk menjadi pelindung sejak 1952 hingga akhirnya mundur pada 2016 silam pada ulang tahun ke-90. Peran Ratu Elizabeth II di gantikan Duchess of Cambridge, Kate Middleton sejak 2017.

Tugas seorang pelindung tak hanya memberikan dukungan saat turnamen berlangsung. Maka dari itu, Kate juga harus mengunjungi acara – acara amal dan program olahraga yang didukung Wimbledon sepanjang tahun. Anggota kerajaan lain yang memiliki peran dalam Wimbledon adalah Duke of Kent, sepupu Ratu Elizabeth II. Duke of Kent adalah Presiden All England Club sejak 1969. Dan salah satu tugasnya adalah menyerahkan trofi pada pemenang. Selain itu, tak hanya masuk dalam kepengurusan All England Club, ada juga anggota keluarga kerajaan yang pernah bertanding tepatnya pada Wimbledon 1926, yakni Duke of York. Dia merupakan ayah dari Ratu Elizabeth II yang kemudian menjadi Raja George VI. Sejak kalah di babak pertama dari pasangan Inggris Herbert Roper Barret/Arthur Gore, Duke of York tidak pernah bermain lagi di Wimbledon.

Gelaran tenis Wimbledon berhubungan erat dengan kerajaan Inggris

Hubungan keluarga kerajaan Inggris dengan Wimbledon juga ditandai dengan adanya Royal Box di lapangan utama All England Club sejak tahun 1922. Royal Box ini merupakan tribune penonton dengan kapasitas 74 kursi berwarna hijau tua untuk tamu – tamu penting termasuk untuk keluarga kerajaan. Tribune ini berada di sisi selatan garis belakang lapangan. Sejarah mencatat bahwa dulu terdapat kewajiban memberi hormat oleh petenis, saat memasuki lapangan kepada anggota kerajaan yang menonton pertandingan di Royal Box. Untuk petenis putra dengan cara menunduk dan untuk petenis perempuan  dengan berlutut.

Namun, Duke of Kent menghapus tradisi tersebut sejak 2003, keculai Ratu dan Prince of Wales hadir. Ratu Elizabeth kebetulan tidak terlalu sering hadir sebab bukan penggemar tenis. Ratu datang menyaksikan Wimbledon hanya pada 1957,1962,1977 dan terkahir pada 2010 untuk menyaksikan Andy Murray. Sementara pangeran Charles hanya datang pada 2012. Untuk pangeran William dan Kate beberapa kali menonton langsung di All England Club. Kate bersama Meghan Markle menonton final tunggal putri pada 2019 kemarin yaitu pertarungan antara Simona Halep dan Serena Williams. Namun sayang, untuk Wimbledon pada 2020 kali ini dibatalkan akibat pandemi Covid-19.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here