Sang Legenda Hidup Bola Voli Indonesia Gugi Gustaman

FFSPORTZ.COM – Setelah kemarin telah dibeberkan tentang nama – nama legenda voli Tanah Air seperti Liem siauw bok kemudian Pascal Wilmar, sekarang ada satu nama lagi legenda voli Tanah air yang patut disimak. Jika berbicara legenda voli Indonesia nama Gugi Gustaman juga sangat terkenal di masyarakat di era 70 hingga 80an.  Pevoli yang lahir di Cimahi, Jawa Barat pada 17 Maret 1952 dimana merupakan atlit voli yang pertama kali memperkenalkan pukulan cepat atau Quick Smash. Bola – bola pendek diatas net yang selalu menjadi senjata mematikan bagi Gugi Gustaman. Gugi tercatat 12 tahun membela Timnas Indonesia kemudian 20 tahun di jajaran kepelatihan timnas, membuktikan totalitasnya untuk bola voli. Gugi Gustaman merupakan legenda hidup bola voli Indonesia.

Gugi Gustaman pembawa gaya baru smash quick pada 1973

Pada tahun 70-an, Gugi membawa gaya baru di kancah bola voli tanah air melalui gaya smash quick yang diperkenalkan pada 1973. Apa yang dilakukan oleh Gugi bisa dibilang merupakan sebuah inovasi pada waktu itu. Hal ini bisa dimaklumi sebab pada waktu itu gaya bermain tim bola voli Indonesia  masih terbilang konvensional semisal hanya memanfaatkan smash melalui umpan tinggi melambung. Di sini melakukan sedikit variasi dan perubahan saat melakukan smash, Gugi melakukan dengan cepat ketika bola sedikit diatas net (kira – kira satu bola).

Sebagai perumpaan, jika pada cabang bulutangkis Indonesia memiliki King smash yang di populerkan oleh Liem Swie King, maka untuk voli Indonesia memiliki Gugi Smash. Smash ala Gugi memiliki beragam variasi  seperti Bola Pull, Pull Back dan lainnya. Menurut pengakuan Gugi, gaya smash itu diperkenalkan oleh pelatih Timnas saat itu yaitu Dopi Supit. Gaya Quick Smash ini awalnya diperkenalkan oleh Timnas Jepang pada tahun 1972 di kejuaraan dunia. Gaya ini untuk menyiasati postur pemain jepang yang pendek disbanding lawan – lawan mereka terutama dari Eropa dan Amerika latin. Dengan teknik itu, terbukti ampuh mengantarkan Timnas Jepang sukses jadi juara dunia.

Gugi Gustaman perkenalkan doble step sebelum smash

Gugi Gustaman tidak kehabisan akal, Beliau adalah orang pertama yang memperkenalkan double steps  atau dua gerakan sebelum melakukan smash sebagai variasi serangan. Gugi kemudian mengajarkan tekniknya kepada rekan – rekannya di Timnas dan Klub DLLAJ Bandung.  Dengan mengandalkan serangan yang bervariasi sebagai inti kekuatannya, DLLAJ Bandung, klub yang dibela Gugi sejak pertama kali berdiri tahun 1973 kemudian menjelma menjadi kekuatan baru bola voli Indonesia. Dalam debutnya di Kejurnas klub 1973, klub DLLAJ berhasil merebut piala juara sebagai juara pertama Kejurnas Klub.

Dengan penampilannya yang gemilang, membuat Gugi ditarik masuk skuat Timnas Indonesia. Diusia yang baru 19 tahun Gugi sudah membawa klub junior Jabar memenangkan juara pada kejuaraan nasional 1971, lalu Gugi masuk ke timnas dan menjalani latihan di Pelatnas. Sejak saat itulah Gugi menjalani kiprahnya sebagai pevoli nsional dan masuk Timnas hingga pensiun pada tahun 1983. Namun perjalanan karier Gugi tidak selamanya mulus,  secara tiba – tiba di penghujung karirnya, beliau diterpa  musibah. Tercatat pada tahun 1982, Gugi mengalami kelumpuhan sehingga selama empat bulan beliau harus istirahat untuk jalani proses kesembuhan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here