Basket

ffsportz.com – Mantan commissioner NBA David Stern telah wafat di usia 77 tahun, pada 2 januari 2020 kemarin. David Stern adalah orang yang paling berpengaruh dalam perkembangan NBA. Stern lahir di New York pada 1942, Dia masuk Columbia Law School dan untuk pertama kalinya mengenal NBA pada periode 1960-an yaitu saat biro hukum tempatnya bekerja menjadi perwakilan legal NBA. Pada waktu itu Stern menjadi Penasihat umum NBA pada 1978 dan Wakil Presiden pada 1980. Empat tahun kemudian dia menjadi Commissioner NBA. Jabatan Commissioner NBA dia jabat selama tiga decade. Stern meninggal dunia di Manhattan, dikelilingi oleh keluarganya. Dia meninggalkan istrinya Dianne Serta dua putra Eric dan Andrew.

Stern meninggal karena mengalami masalah serius di kepala tepatnya otak. Sudah sekitar 3 minggu lalu, Stern mengalami pendarahan mendadak pada bagian otak. Pada tanggal 12 desember 2019 kemarin, sempat tersiar kabar kalau stern akan menjalani operasi, kemudian untuk membantu perawatannya, tim medis memberikan alat bantu pernafasan juga.

Commissioner NBA, Adam Silver mengenang Stern sebagai Mentor, Kawan yang baik dan salah satu orang pemimpin bisnis yang paling berpengaruh dalam generasinya.  Stern bekerja keras untuk mengubah wajah NBA. David Stern memimpin NBA pada tahun 1984, saat itu pendapatan dari televise sangat rendah dan beberapa franchise berada dalam kesulitan dana. Setelah 30 tahun sampai masa pensiunnya di tahun 2014, pendapatan pemain NBA meningkat luar biasa. Dari salary cap yang mulanya hanya 3,6 juta menjadi 59 juta dollar.

Berdasarkan data dari majalah Forbes, pendapatan NBA dari televise juga merangkak naik. Dari yang hanya 22 juta dollar menjadi 930 juta dollar. Kemudian nilai – nilai franchise tim NBA juga melesat naik, dari hanya 400 juta pada tahun 1984 menjadi 19 Milliar ketika Stern pensiun.

Beberapa terobosan penting dan monumental yang di gagas oleh Stern diantaranya

NBA menjadi liga olahraga Amerika serikat pertama yang dimainkan secara regular di luar Amerika Serikat.

Atas restu Stern, pemain NBA boleh bermain di Olimpiade, pada saat itu Olimpiade Barcelona 1992.

Pada 1997, untuk kali pertama liga basket perempuan professional WNBA di selenggarakan.

Mengangkat NBA ke puncak kejayaan dengan menjadikan para pemainnya sebagai ikkon global dengan siasat berbasis bintang. Dan masih banyak lagi gebrakan – gebrakan Stern untuk jagad NBA.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here