Rekam Jejak Pebulutangkis Indonesia Peraih Trofi Juara Di Gelaran All England

FFSPORTZ.COM – Tahukah kamu tentang kejuaraan All England? All England atau lengkapnya All England open badminton Championships adalah salah satu kejuaraan bulutangkis tertua dan paling prestisius di dunia. Sebagai informasi pentingnya, gelaran turnamen bulutangkis ini diadakan pertama kali sejak tahun 1899 dengan nama The Open English Championships.  All England telah berpindah – pindah lokasi kejuaraan sebanyak enam kali. Saat ini turnamen All England diadakan di National Indoor Arena, Birmingham dan sejak 1984 disponsori secara ekslusif oleh Yonex.

All England 2020 tetap berlangsung di tengah kepungan virus corona

Pada turnamen All England terakhir yaitu tahun 2020 tercatat sebagai All England Open Badminton Championships edisi ke-110. Pada turnamen tersebut sempat ada kritikan dari sejumlah pihak. Hal ini dikarenakan pada All England 2020 berlangsung di tengah mewabahnya virus corona yang sedang melanda Inggris. Bahkan turnamen sebelum All England 2020 sudah menyatakan untuk dilakukan penundaan dan bahkan pembatalan.

All England 2020 kemarin masih tetap di gelar di National Indoor Arena, Birmingham, Inggris.  Di Stadion dengan kapasitas mencapai 30.000 penonton itu merupakan salah satu ajang kompetisi cabang olahraga bulu tangkis paling popular di dunia. Selain itu, sekedar informasi saja hingga tahun 1977 turnamen All England dianggap sebagai Kejuaraan dunia tidak resmi bulu tangkis. Sempat juga tidak diselenggarakan sebanyak dua kali karena terjadi perang dunia.

Rekam jejak pebulutangkis wakil Indonesia di All England Open

Tercatat sampai hari ini Indonesia sudah mengantongi total 48 emas dari semua sektor. Titel gelar juara paling banyak berasal dari sektor ganda putra yaitu dengan torehan 21 trofi. Kemudian 15 trofi dari tunggal putra, lalu 4 titel dari tunggal putrid, dua titel dari ganda putrid dan 6 titel dari ganda campuran. 6 titel ganda campuran termasuk titel juara yang diraih Praveen Jordan dan Melati Daeva Oktavianti baru saja di All England 2020.

Sudah bukan rahasia lagi bahwa Indonesia merupakan salah satu kekuatan besar dan sangat diperhitungkan di jagat bulu tangkis dunia termasuk All England Open. Gelar pertama emas diraih Indonesia dari pebulutangkis senior yaitu Tan Joe Hok pada tahun 1959. Untuk gelar juara All England terbanyak sampai saat ini di pegang Rudy Hartono. Rudy Hartono memenangkan 8 kali gelar All England open. Rudy menjadi pebulutangkis tunggal putra dengan trofi All England terbanyak sepanjang sejarah. Hebatnya gelar tersebut diraih secara beruntun sejak 1968 hingga 1974. Sedangkan untuk tunggal putrid, hanya susy susanti yang pernah mencapai tangga posium tertinggi di All England. Pada nomor ganda putra pemegang trofi juara terbanyak dari Indonesia di tempati Tjun Thun/johan Wahjudi dengan enam trofi. Sedangkan untuk nomor ganda campuran dipegang oleh Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, mereka meraih hattrik juara All England 2012 – 2014.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here