Tai Tzu Ying Dilatih Pelatih Eksklusif Lai Chien Cheng

FFSPORTZ.COMTai Tzu Ying – Gelaran perdana bulu tangkis dunia usai pandemi virus corona akan segera digelar, yaitu Taiwan Open 2020. Bintang bulu tangkis tuan rumah, Tai Tzu Ying kini tengah naik ke puncak di jagad bulu tangkis dunia. Perlu diketahui bahwa di balik kesuksesan Tai Tzu Ying tersebut, ada sosok pelatih yang sangat luar biasa yang menjadi pilar penting. Pelatih tersebut adalah Lai Chien Cheng. Sosok Chien Cheng menjadi pelatih eksklusif yang telah banyak berkontribusi dan dipuji karena visinya yang tepat.

Pebulu tangkis Tai Tzu Ying dilatih pelatih yang eksklusif

Sebelumnya, Lai Chien Cheng telah menempa pendidikan di sekolah bulu tangkis yang terkenal sejak masih kecil. Chien Cheng telah berada di divisi pertama sepanjang karir. Setelah lulus, pelatih 34 tahun itu pergi ke sekolah Menengah Kaohsiung untuk mengikuti dinas olahraga alternatif. Disitulah awal mula pertemuan Chien Cheng dengan Tai Tzu Ying dan mulai bertugas sebagai pelatih, hingga kemudian menjadi pelatih eksklusif. Chien Cheng selalu menemani sang bintang dalam karier yang pasang surut dan akhirnya berkembang menjadi pemain papan atas dunia.

Dalam sebuah wawancara dengan World Magazine, sang pelatih mengungkapkan bahwa Tai Tzu Ying mendapat pelatihan yang sangat ketat dan menariknya, sang pelatih juga memiliki persyaratan yang tinggi untuk dirinya sendiri. Secara jelasnya, Chien Cheng mengatakan kalau pemain profesional itu tahu apa yang mereka inginkan. Pelatih tidak perlu khawatir tentang pelatihan ketat, karena memang atlet yang meminta untuk dirinya sendiri. Tidak mudah memang, akan tetapi ini semua demi bisa bermain yang lebih baik lagi. Dengan dilatih Chien Cheng, secara bertahap, Tai Tzu Ying kini menjadi salah satu pemain yang paling disegani sejak Olimpiade Rio 2016.

Tai Tzu Ying raih kembali permainannya usai dilatih lagi Chien Cheng

Menurut sejumlah laporan, Lai Chien Cheng dilatih oleh pelatih asal Tiongkok, Zheng Yongcheng di sekolah menengah dan bintang ganda Chen Honglin merupakan teman sekelasnya. Di usia 17 tahun, Chien Cheng memenangkan gelar tunggal putra dan runner up di grup B peringkat bulu tangkis Taiwan dan menjadi grup A pemian dari Federasi Badminton Taiwan. Dia bermaksud menjadi pemain profesional tanpa menandatangani kontrak dengan sponsor perusahaan. Pada Februari 2019 lalu, Chien Cheng dipromosikan menjadi pelatih kepala tim bulu tangkis Taiwan.

Selama waktunya sebagai pelatih kepala, status dan penampilan Tai Tzu Ying dibandingkan dengan dua tahun terkahir, hasilnya menurun secara signifikan. Delapan bulan kemudian, Chien Cheng mengundurkan diri dari posisi pelatih kepala setelah Korea Open dengan alasan bahwa dia berbakat sebagai pelatih tunggal, bukan pelatih kepala. Kembalinya Chien Cheng di pelatih tunggal, situasi perbulu tangkisan Taiwan  membaik cukup signifikan. Tai Tzu Ying berhasil meraih Denmark Open, memenangkan kejuaraan kedua musim lalu dan mencapai 4 besar di French Open dan Fuzhou China Open serta runner-up BWF World Tour Finals. Puncaknya, Tai Tzu Ying berhasil mengalahkan musuh bebuyutannya, Chen Yufei di final All England Maret lalu, tim dibelakangnya memberikan kontribusi besar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here