Profil Nandita Ayu Salsabila

FFSPORTZ.COM – Nandita Ayu Salsabila atau biasa disapa Ayu ini lahir pada 12 Juli 1997 Jakarta. Ia tumbuh dari keluarga olahraga, santer terdengar kalau ia mengikuti jejak sang Ibu Tri Wahyuni yang merupakan atlet voli yang pernah membela Timnas Indonesia. Sementara sang ayah, Sudirman adalah atlet sepakbola professional. Ia mengenal voli sejak kelas 2 SD, karena sering melihat sang ibu bermain voli. Melihat sang anak yang gandrung dengan voli, sang ibu mengarahkan ayu untuk serius.

Nandita Ayu Salsabila besar di keluarga Atlet Olahraga

Selain orang tua yang juga sama – sama atlet, ternyata kedua adiknya juga atlet. Adik yang pertama Tasya adalah seorang atlet Voli, kemudian adik kedua atau si bungsu Rizky M Sudirman adalah atlet Sepakbola. Dengan dorongan yang kuat dari keluarga atlet, ia memutuskan bergabung dengan sekolah khusus atlet di Ragunan, Jakarta. Ketika duduk di bangku kelas 2 SMP, Ayu mengikuti kejuaraan nasional (Kerjurnas) dengan membela DKI Jakarta. Dengan penampilan yang prima akhirnya Ayu terpilih mengikuti ASEAN School Games di Thailand di tahun 2012 lalu.

Dengan predikat  menjadi pemain timnas paling muda timnas saat itu, ternyata dia dilirik klub Jakarta Popsivo Polwan untuk berkarier di Proliga. Ia berhasil membawa Popsivo Polwan dua kali berturut – turut di tahun 2012 dan 2013. Di tahun 2013, saat gelaran SEA Games Myanmar kemarin dia diposisi Open Spike meskipun tidak mendapat emas, yaitu medali perunggu, ia tetap berbangga hati.

Karier dan prestasi Nandita Ayu Salsabila liga voli Proliga

Laga proliga pertama ayu yaitu pada tahun 2012. Kemudian, ia terpilih menjadi Miss Bola Voli saat mewakili Indonesia di ajang piala VTV tahun 2016. Berlanjut menapaki dunia Proliga, ia memutuskan hijrah ke klub Jakarta Pertamina Energi di tahun 2017. Pada laga partai puncak Proliga 2017 dia hanya membawa Timnya meraih posisi Runner Up karena kalah dari Jakarta Elektrik PLN. Masih di tahun yang sama, Ayu dipanggil untuk bergabung dengan Timnas Indonesia di ajang SEA Games 2017 di Malaysia.

Permainan Ayu yang semakin matang membuatnya kembali dipanggil Timnas Indonesia untuk ajang SEA Games Malaysia 2017. Pada gelaran setiap dua tahun sekali itu, Ayu dan kawan-kawan hanya sanggup membawa Indonesia berada di posisi Runner up. Timnas Voli putri Indonesia harus mengakui tim voli Thailand di partai puncak. Dengan hasil tersebut, ternyata  Ayu mencapai prestasi yang dulu pernah dicapai sang Ibu. Di ajang sama Sang ibu juga meraih medali perak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here