Roger Federer Bakal absen

FFSPORTZ.COMRoger Federer – Sebagai penikmat olahraga pastinya anda sudah mengetahui arti penting sponsor bagi atlet dan juga terselenggaranya turnamen. Ada pernyataan kalau mereka yang berprestasi, sering meraih juara atau medali emas sebagai pertanda apakah atlet tersebut memiliki pendapatan yang besar atau tidak. Hal itu memang benar adanya, namun untuk tenis agaknya sedikit berbeda. Petenis dengan pendapatan besar tidak harus yang paling sering menjadi juara. Namun, tergantung dari para atlet yang berhasil memikat sponsor untuk mengeluarkan dana besar bagi mereka. Semisal Roger Federer, memang dari prestasi tidak diragukan lagi, namun disaat seperti ini bahkan dia dalam keadaan penyembuhan akibat pasca operasi lutut, Roger masih menjadi pemilik predikat petenis terkaya di dunia.

Faktor – faktor yang mempengaruhi petenis dapat sponsor

Diketahui banyak faktor yang membedakan level petenis dalam memperoleh kontrak dengan pihak sponsor. Selain peringkat dunia atau berkaitan dengan prestasi, negara asal petenis dan jumlah followers di media sosial juga menjadi pertimbangan. Bagaimana petenis dikenal publik menjadi pertimbangan penting bagi perusahaan untuk menentukan besarnya nilai yang akan mereka keluarkan.  Menurut James Beres, salah satu agen Topnotch Management yang berkantor di Cleveland, Amerika Serikat menagatakan bahwa ada dua hal pertama yang dilihat oleh sponsor dari petenis adalah muda dan sukses. Setelah itu baru para atlet akan beradaptasi dengan kehidupan media sosial.

Dukungan utama bagi petenis biasanya datang dari produsen raket dan pakaian/sepatu. Meskipun para atlet disponsori oleh perusahaan yang sama, namun nilai kontrak satu petenis dengan petenis lain nilainya bisa berbeda. Jika mereka muda dan memiliki prestasi yang bagus maka akan menjadi nilai tambah. Kemudian negara asal juga menentukan. Apakah sang atlet datang dari negara yang berpenduduk besar? Apakah negara tersebut mengenal tenis? Apakah pertandingan tenis menarik di sana? Dan apakah sang atlet tenis cukup memiliki pengaruh atau aktif di media sosial? Perlu untuk diketahui bahwa saat ini perusahaan tidak hanya mempertimbangkan apa yang dilakukan atlet tenis di lapangan saja, melainkan juga keaktifan petenis di media sosial.

Unggahan di media sosial menjadi bagian kontrak petenis

Di jaman yang sudah sangat erat dengan gadget ini, nampaknya tidak bisa dilewatkan begitu saja oleh perusahaan. Melalui unggahan dalam media sosial, biasanya perusahan menjadikan bagian dari kontrak dengan atlet tenis.  Kewajiban ini sama seperti kehadiran petenis dalam turnamen dan mengenakan produk sponsor dalam berbagai acara. Sebagai contohnya adalah, pesepak bola Cristiano Ronlado. Ronaldo dikenal sebagai “Raja Media Sosial” dari kalangan Atlet. Saat ini tercatat ada sekitar 427 juta pengikut dari instagram, Facebook, dan Twitter. Jumlah ini menjadikan Ronaldo sebagai peraih pendapatan sponsor keempat setelah Roger Federer. Kekayaan Roger bertambah, hal ini karena pada 2019 lalu dia telah diposisi kelima dan sekarang naik di posisi ketiga.

Baik dari Instagram, facebook dan Twitter sama menyajikan sang atlet bersamaan dengan nama produk atau perusahaan sebagai sponsornya bisa dikenali publik. Hal ini dikarenakan aspek visualnya melalui foto dan video. Bahkan disaat vakum seperti ini, sang atlet masih mengenakan perlengkapan dari sponsor mereka. Secara umum, penghasilan atlet tenis berasal dari empat sumber diantaranya hadiah dari turnamen, dukungan sponsor, pertandingan ekshibisi dan bonus. Dan hadiah terbesar yang berbentuk uang yaitu diperoleh dari gelar Grand Slam  yakni 276 kali lipat lebih besar dari pemenang ATP Challenger tertinggi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here