Pemain Badminton Vietnam

FFSPORTZ.COM – Kemarin sempat tersiar kabar bahwa ajang turnamen Bulutangkis German Open 2020 telah dibatalkan. Sebelum German Open 2020 mengeluarkan pengumuman tentang pembatalan, Federasi bulu tangkis dunia (BWF) juga melakukan langkah berat. BWF telah memutuskan untuk menunda Turnamen Vietnam Challenge 2020. Penyebab dari adanya penundaan Turnamen tersebut adalah tidak lain dan tidak bukan karena Virus Corona yang mewabah. Vietnam adalah negara yang terletak di indo-China, tentu alasan penundaan menjadi alasan yang masuk akal bagi pecinta bulutangkis dunia.

Turnamen Vietnam Challenge 2020 diundur sampai bulan Juni

Diketahui bahwa jadwal turnamen Vietnam International Challenge 2020  akan dilansungkan pada 24 hingga 29 Maret mendatang. namun pihak BWF akan merubah jadwal tersebut atau lebih tepatnya memindahkan ke bulan Juni. BWF memiliki alasan agar virus corona tidak semakin menyebar dan mewabah di banyak negara. Sampai hari ini telah diinformasikan bahwa virus corona semakin mengganas. Vietnam yang letaknya tidak begitu jauh dari Tiongkok sudah melakukan pencegahan sejak dini, terutama untuk gelaran atau event Internasional yang digelar di sana dengan cara menundanya.

Untuk di Tiongkok sendiri, sebagai negara asal mula kasus ini muncul, telah ada sekitar 80 ribu orang telah terinfeksi dan parahnya virus ini sudah menghilangkan kurang lebih 2.663 nyawa warga negara Tiongkok. Total sekarang, virus corona sudah menerjang sebanyak 29 Negara. Dengan adanya penundaan Vietnam International Challenge tentu ada beberapa pihak yang dirugikan, namun yang paling terkena dampak serius dari penundaan ini adalah para atlit.  Karena jika turnamen ini digelar sesuai jadwal, maka turnamen tersebut masih masuk dalam kalender kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020.

Virus corona buat bulutangkis untuk kualifikasi Olimpiade Tokyo tersendat

Diketahui bahwa babak kualifikasi cabang olahraga bulu tangkis untuk Olimpiade 2020 akan berakhir pada bulan April mendatang. Jadi, dengan adanya pemindahan jadwal ke bulan Juni, maka Vietnam International Challenge telah kehilangan nilai lebihnya sebagai turnamen yang masuk dalam hitungan kualifikasi Olimpiade. Keputusan ini harus terpaksa diambil berdasarkan saran dari lembaga olahraga Vietnam. Hal ini didasari pada pelindungan kesehatan ketat yang mulai diterapkan di Vietnam.

Dengan ditentukannya jadwal baru yaitu pada 2 sampai 7 Juni, sehingga mengakibatkan poin rankingnya para atlit sudah tidak masuk dalam kualifikasi Olimpiade. Karena tanggal baru Vietnam International Challenge sudah di luar masa kualifikasi Olimpiade Tokyo. Sebelumnya, juga ada turnamen yang menjadi hitungan poin kualifikasi Olimpiade yang dibatalkan akibat corona yaitu turnamen BWF Tour Lingshui China Masters. Jadwal seharusnya turnamen tersebut adalah  25 Februari sampai 1 Maret akan tetapi resmi ditunda. Pihak BWF akan terus memonitor perkembangan dari virus Covid-19 terutama pengaruhnya dalam BWF World Tour dan turnamen – turnamen lain yang berkaitan dengan BWF.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here