Pihak PP Perbasi Masih Menunggu Presedur Standar Operrasi Dari Kemenpora

FFSPORTZ.COM – Seiring dengan mewabahnya virus covid-19 atau virus corona dan bahkan sudah ada virus corona jenis baru di tanah air, maka pihak kementrian Pemuda dan Olahraga akan segera menerbitkan Prosedur Standar Operasi (SOP). Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi penyebaran corona di lingkungan olahraga. Selain itu SOP ini dapat digunakan sebagai pedoman bagi pengurus cabang olahraga untuk menentukan kelanjutan kompetisi. Bagaimana untuk Liga bola basket Indonesia (IBL) selanjutnya?

Kemenpora lakukan tes uji corona kepada atlit dan official

Menurut Sekretaris Kemenpora, Gatot S Dewa Broto menyatakan bahwa secara garis besar, SOP pada cabang olaharaga hampir serupa dengan protokol pencegahan corona secara umum. Secara singkat, isi dari SOP tersebut diantaranya meminta pengurus cabang olahraga memastikan atlet menjaga kebersihan, memperhatikan asupan makanan dan vitamin dan menghindari keramaian. Selain itu, terdapat SOP khusus dimana semua cabang olahraga tidak melakukan kegiatana ke negara dengan kasus corona. Ditambah lagi dengan tidak mengundang atau menghadirkan atlet dari negara yang berdampak virus tersebut.

Kemenpora juga meminta untuk semua cabang olahraga dengan agenda kompetisi yang melibatkan banyak orang untuk menunda sementara kegiatan tersebut. Diketahui bahwa ada cabang yang secara prosentase melibatkan banyak orang yaitu Sepakbola berupa Liga 1 dan Liga 2, Bola basket yaitu IBL dan bola voli yaitu IBL. Kali ini akan dijelaskan untuk liga bola basket kasta paling tinggi di Indonesia yaitu IBL dimana turnamen tersebut sudah terlebih dulu menunda kelangsungan liga. Kemenpora tidak menutup kemungkinan akan melakukan tes uji corona kepada para pemain dan official dari Basket, Sepak bola, dan voli.

Pihak PP Perbasi masih menunggu SOP dari Kemenpora

Banyak timbul kekecewaan ketika seri ketujuh IBL Pertamax 2020 di GOR Bima Sakti, Malang, jatim dibatalkan. Tidak hanya IBL namun liga bola basket putrid Piala Srikandi juga menunda kompetisi mereka. Bahkan setelah kedua turnamen bergengsi basket tersebut, pihak PB Perbasi telah menunda semua kegiatan bola basket di seluruh Indonesia hingga waktu yang belum ditentukan. Penghentian sementara mulai dari tingkat amatir hingga professional terpaksa dilakukan demi antisipasi penyebaran pandemik virus Corona yang semakin massif mewabah di negeri ini.

Keputusan untuk penghentian sementara semua kegiatan bola basket diseluruh Indonesia disampaikan oleh ketum PP Perbasi Danny Kosasih melalui surat resmi. Dalam surat tersebut disampaikan agar semua pengurus provinsi diminta menunda kegiatan turnamen, invitasi dan tentu saja kompetisi. Sementara itu, menurut Ketua Bidang Hukum PP Perbasi, George Fernando Dendeng mengatakan bahwa pihaknya masih menunggu prosedur Standar Operasi (SOP) dalam penyelenggaraan kompetisi dari Kemenpora. Hal ini karena, SOP itu dibutuhkan oleh pihak penyelenggara liga untuk menentukan nasib keberlangsungan kompetisinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here