Piala Eropa 2020 Dan Copa America 2020 Resmi Diundur Setahun Sebab Corona

FFSPORTZ.COM – Wabah corona memang membuat kegiatan manusia terganggu apalagi untuk agenda sepakbola dunia. Jadwal gelaran sepakbola di berbagai belahan dunia mulai level domestik maupun Internasional menjadi kacau balau.  Terlebih lagi di daratan Eropa yang terkenal dengan liga – liga sepakbola yang telah mendunia mulai Liga Inggris, Serie A Italia, Bundesliga, la Liga dan banyak lagi lainnya kini terpaksa harus ditunda dan bahkan dihentikan. Terbaru yaitu dari Piala Eropa atau Euro 2020 telah diputuskan untuk ditunda oleh pihak UEFA. Keputusan ditundanya gelaran Euro 2020 disambut dengan pujian oleh presiden Federasi Sepakbola Perancis (FFF) Noel Le Graet. Untuk diketahui bahwa Euro 2020 akan diundur tahun depan yaitu 2021 disebabkan virus mematikan covid-19 yang sedang melanda seluruh dunia.

Pihak UEFA sudah menentukan tanggal baru pengganti Euro 2020

Untuk mengatasi kekacauan jadwal gelaran sepakbola Piala Eropa 2020, Pihak UEFA sudah melakukan konferensi atau pertemuan darurat di Markas UEFA di Nyon, Swiss  termasuk didalamnya semua 55 anggota asosiasi pada Selasa kemarin 17 maret 2020. Dikutip dari CNN, bahwa Hari ini, 18 Maret 2020 pihak UEFA telah mengkonfirmasi keputusan untuk menunda piala Eropa 2020 dan ditetapkan tanggal baru pengganti yaitu pada 11 Juni 2021. Dengan adanya penundaan ini memberikan waktu tambahan bagi turnamen liga – liga domestic Eropa untuk menyelesaikan kompetisi setelah hampir semua liga ditunda dan ditangguhkan untuk mencegah menyebarnya wabah corona.

Menurut Le Graet, pihaknya yaitu Federasi Sepakbola perancis mendukung sepenuhnya keputusan UEFA untuk menunda Euro 2020 hingga 2021 mendatang. Pertandingan Internasional yang direncanakan digelar pada bulan Maret, termasuk dua pertandingan tim Perancis mulai 27 dan 32 Maret di Stade de France akan ditunda hingga Juni. Seperti yang sudah dinyatakan oleh Pihak FFF melalui Le Graet, bahwa semua pertandingan sepakbola di divisi ketiga kebawah telah menangguhkan. Liga Sepakbola Profesional (LFP) memutuskan untuk menangguhkan Ligue 1 dan ligue 2 sampai waktu yang belum ditentukan.

Copa America 2020 juga diundur setahun karena Corona

Sebelumnya, jika menurut jadwal perhelatan Euro 2020 diagendakan di Roma, Italia yang akan dimulai 12 Juni mendatang. seiring dengan ancaman wabah covid-19 maka UEFA kemudian membuat jadwal ulang. Jadwal Piala Eropa 2020 akhirnya diundur setahun dimana jadwal baru akan dimulai pada 11 Juni hingga 11 Juli 2021. Senada dengan Pihak EUFA, CONMEBOL juga sudah membuat jadwal baru untuk gelaran Copa America. Jika sesuai dengan jadwal semestinya, gelaran pesta sepakbola Amerika Latin akan digelar di Argentina dan Qatar pada 12 Juni hingga 12 Juli tahun ini. Diketahui bahwa Copa America ini melibatkan 12 tim termasuk Australia dan Qatar akan diundur pada 11 Juni hingga 11 Juli 2021.

Jadi pada tahun 2020 ini, Piala Eropa dan Copa America 2020 resmi ditunda setahun. Pihak CONMEBOL menyatakan ucapan terimakasih kepada UEFA dan Presidennya yaitu Aleksander Ceferin karena telah memberika keputusan yang tepat dengan menunda satu tahun EURO 2020 kali ini. Dengan adanya keputusan ini akan berimbas baik bagi seluruh keluarga sepakbola.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here