Pevoli Tanah Air Mulai Diperhitungkan Di Kancah Voli Internasional

FFSPORTZ.COM Atlet Voli Indonesia – Jika teringat turnamen bola voli Indonesia yang paling bergengsi, Proliga 2020 yang sudah dihentikan, dan bahkan tanpa adanya titel juara. Semua pihak yang terkait dengan liga voli tersebut pasti sedih, mulai staff dan jajaran petinggi penyelenggara, jajaran dan staf klub, atlit dan tak ketinggalan para fans berat voli. Namun jika membuka lembaran kancah pevoli tanah air yang berlaga di event internasional sebut saja SEA Games 2019 kemarin pasti rasa bangga akan olahraga voli akan semakin bertambah. Pasalnya sudah bukan rahasia lagi kalau kiprah pervolian tanah Air telah terbukti ada kemajuan yang signifikan. Sepak terjang Pervolian tanah air telah menjadi pusat perhatin pecinta voli internasional.

Pevoli asing sarankan atlit voli Indonesia berkarier di Luar negeri

Jika mengingat kembali turnamen Proliga 2019 kemarin, tentunya juga akan teringat sang juaranya. Benar sekali, klub Surabaya Bhayangkara Samator sekali lagi buktikan ketangguhan klub voli putra di kancah pervolian nasional. Dengan berhasil menjadi  juara pada Proliga 2019 kemarin, maka klub Surabaya Bhayangkara Samator telah meraih sebanyak tujuh gelar juara proliga. Tujuh gelar yang diraih Surabaya Bhayangkara Samator merupakan gelar terbanyak di ajang Proliga. Selain itu, dengan hal ini telah membuktikan kalau pevoli putra tanah air mampu berbicara banyak di kancah voli nasional.

Jika melihat komposisi pemain voli timnas Indonesia yang berlaga di kancah voli internasional misalnya SEA Games, klub Surabaya Bhayangkara Samator telah menyumbang banyak pemain. Bahkan pernyataan mengejutkan di lontarkan oleh Tosser mereka yaitu Yosvani Gonzales Nicolas. Yosvani menilai bahwa bangsa Indonesia sebenarnya memiliki banyak pevoli yang berkualitas. Terbukti dari enam pemain timnas putra yang perkuat klub Surabaya Bhayangkara Samator pada Proliga 2019. Akan tetapi, Yosvani punya penilaian yang lebih mengenai perkembangan voli di Indonesia. Dia mengatakan kalau berkarier di dalam negeri saja tidak cukup, harusnya pevoli Indonesia berani untuk berkarier di luar negeri.

Sejumlah Atlit voli Indonesia berlaga di kancah voli Internasional 

Segudang pujian dilontarkan kepada pemain voli tanah air oleh pemain voli asing. Pevoli asing bahkan memberikan nasehat kalau bisa berkarier di luar, maka pevoli tanah air akan termotivasi untuk membawa nama negara semakin baik. Tidak terlalu lama, muncul dua nama pevoli tanah air yang berkarier di luar negeri. Untuk sektor putra ada pevoli Rivan Nurmulki yang berkarir di salah satu klub voli ternama Thailand yang juga berlaga di liga voli papan atas negeri gajah putih itu. kemudian ada juga pevoli perempuan tangguh Aprilia Manganang yang juga berkarir di Thailand.

Jauh sebel;um mereka berdua, ada pevoli asal Ciamis yang sudah dikontrak salah satu klub voli Malaysia. Pevoli tanah air itu adalah Ganjar Kurniawan. Ganjar pernah membela klub PSGC Ciamis dan juga pernha bersama Persela lamongan di ajang liga I Sepakbola Indonesia. Ganjar telah diboyong klub voli asal Malaysia yaitu Merpati VC.  Ganjar berangkat untuk berlaga di kancah voli Malaysia pada bulan Maret 2015 lalu bersama temannya asal Bandung. Pevoli yang kini berusia 30 tahun itu melakoni sejumlah pertandingan di liga voli Malaysia dan sempat juga mendapat titel MVP pda pertandingan bola voli di daerah Seremban.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here