Muhammad Aslam Khan meninggal
indoagen

Berita Tinju Dunia – Duka datang dari dunia tinju di Pakistan. Salah satu petinju terbaik mereka yakni Muhammad Aslam Khan meninggal dunia setelah melaksanakan laga tinju melawan Wali Khan Tareen pada acara amal, Minggu 31 Januari 2021.

Peristiwa tragis tersebut membuat petinju tinju, Amir Khan angkat bicara. Menurut mantan juara dunia WBA tersebut, pasti ada yang salah dengan peraturan dalam laga amal itu. Amir mengungkapkan jika Tareen yang menjadi lawan terlalu kuat untuk Aslam. Harusnya dalam dunia tinju, tiap pertarungan melihat lawan dengan berat badan yang sama.

Hal ini lah yang kemudian dikecam. Dalam beragam jenis kelas, diataranya kelas bulu, ringan, welter, berat, dan lain sebagainya diujukan untuk dapat membuat para petinju dapat melawan lawan sesuai dengan berat badan mereka. Namun, kebijakan lawan tersebut tidak dilaksanakan dalam laga Aslam vs Tareen itu. Ia pun mempertanyakan kenapa Tareen bisa menjadi lawan Aslam.

Amir Khan
Amir Khan

“Dalam laga Aslam vs Tareen itu, lawannya berbeda dan lebih berat daripada korban,” ucap Amir. Selain soal berat badan Tareen, Amir juga mempertanyakan pihak panitia pertarungan tersebut tidak mempersiapkan tim medis di pinggir ring. Tidak adanya pihak medis, Aslam yang sekarat oleh Tareen tidak segera mendapat pertolongan.

Aslam sejatinya dibawa ke rumah sakit, tapi luka yang begitu parah membuatnya tak tertolong. Pukulan Tareen memmbuatnya cedera parah, ia akhirnya meninggal dunia saat berada di rumah sakit di Karachi. Aslam kini dimakamkan, Senin 1 Februari 2021 waktu setempat dengan iringan para penggemarnya.

Peristiwa naas dalam laga Aslam vs Tareen itu menjadi hal yang menakutkan bagi semua penonton. Duel yang ditujukan untukmenggalang dana itu malah merenggut nyawa Aslam. Aslam KO dengan pukulan telak Tareen di wajah petinju 27 tahun tersebut. Dirinya kemudian jatuh. Tareen sempat bahagia dengan ketidakberdayaan Alsam.

Karena senangnya, Tareen kemudian sujud syukur setelah menjadi pemenang laga itu. Namun, tidak disangka Tareen, jika Aslam tidak kunjung bangun setelahnya. Kondisi ring kemudian ramai mendekati Aslam. Buruknya, memang tidak ada tim medis yang dipersiapkan. Karena itu, Aslam pun dilarikan ke rumah sakit di Karachi.

Aslam vs Tareen

Berita meninggalnya Aslam membuat gampar daerah Pakistan. Menjadi petinju muda, Aslam menjadi salah satu petinju yang dikenal. Hal tersebut terlihat dari banyaknya orang yang hadir di pemakaman Aslam, bahkan tampak beberapa dari kalangan politik dan selebritas.

Muhammad Aslam sendiri merupakan petinju ternama di Pakistan dan sudah mengawali karier di dunia tinju sejak tahun 2007 lalu dan sudah banyak memenangkan beragam gelar nasional. Aslam juga disebut-sebut menjadi bagian dari Komisi Pemilihan Umum Pakistan. Itu sebabnya, namanya dekat dengan kalangan politisi.

Meninggalnya Aslam Khan jelas menjadi luka dalam untuk dunia tinju di Pakistan. Akan tetapi, kasus tersebut nantinya akan diselidiki lebih lanjut. Beberapa terdapat kelalaian dari pihak panitia. yang pertama adalah tidak adanya tim medis di sisi ring. Selanjutnya adalah, acara itu tidak mendapat izin resmi. Bahkan dari pemilihan lawannya sudah dinilai salah besar. Semoga persoalan ini segera berakhir dengan semestinya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here