Leander Paes

ffsportz.com – Gelaran tenis di olimpiade Tokyo 2020 akan segera dimulai. Banyak petenis dari penjuru dunia yang tak sabar menantikan serta berharap bisa masuk berkompetisi di gelaran paling akbar didunia tersebut. Tak terkecuali petenis professional asal India Leander Paes. Dimusim 2020 ini adalah musim terakhirnya berlaga di lapangan tenis, ia akan segera pensiun di jagad tenis.

Profil pemain tenis professional India Leander Paes

Leander Adrian Paes lahir di Kalkuta, Bengal Barat, India. Anak dari pasangan Vece paes dan Jennifer paes ini lahir pada  17 Juni 1973. Pria yang kini 46 tahun adalah seorang pemain tenis profesional dari India. Ayah dari Aiyana dan suami dari Rhea Pillai ini dianggap menjadi salah satu petenis ganda campuran dan ganda terbaik sepanjang masa.

Petenis India  yang sempat study di Madras Christian College Hr Sec School dan Chennai Loyola College, Chennai of the University of Madras itu meriah penghargaan dari rajiv Gandhi Khel Ratna yaitu penghargaan tertinggi olahraga di negeri Taj Mahal pada 1996–1997. Sebelumnya ia juga mengantongi  Penghargaan Arjuna pada 1990, kemudian penghargaan Padma Shri pada 2001. Penghargaan Sipil Tertinggi Ketiga-nya yaitu Padma Bhushan pada Januari 2014 karena kontribusinya pada lomba tenis di India.

Olimpiade Tokyo 2020 akan menjadi salam perpisahan Leander paes

Pada gelaran Atlanta Olympic games 1996 ia berhasil menggondol medali perunggu untuk India. Tercatat bahwa ia turut berpartisipasi di gelaran Olimpiade berturut – turut dari 1992 hingga 2016. Ia menjadi petenis India pertama yang mampu berkompetisi di tujuh permainan Olimpiade. Petenis yang memenangkan 18 gelar Grand Slam ini mengumumkan yang ditulis di twitter bahwa musim 2020 ini akan menjadi musim perpisahan.

Petenis yang mencatatkan total 54 gelar nomor ganda selama tiga dekade itu tak sabar menantikan musim 2020. Banyak kenangan dan gelar jaura dikantonginya di sepanjang kariernnya. Diberitakan bahwa ia petenis paling sukses di gelaran Davis Cup dengan menorehkan 43 kemenangan dari 56 pertandingan. Di musim 2020 ia ingin merayakan dengan semua teman dan para fans dari penjuru dunia.

Ia menapaki puncak kariernya di tahun 2000, Paes menghuni peringkat 1 dunia nomor ganda bersama rekan senegaranya Mahesh Bhupathi dengan menyabet tiga gelar Grand Slam. Keduanya memenangkan 26 gelar di nomor ganda sebagai tim sepanjang 1997 hingga 2011.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here