Petenis Matteo Berrettini
jupiterlotto

FFSPORTZ.COMMatteo Berrettini – Sebelumnya banyak atlet tenis dunia yang berbondong – bondong menyumbang para korban virus corona baik masyarakat umum dan juga petenis level bawah yang secara langsung juga terkena imbas dari virus tersebut. Kali justru ada kabar mengenai petenis asal Italia, Matteo Berrettini yang secara terang – terangan menolak gagasan memberi bantuan finansial kepada sesama petenis. Petenis peringkat delapan ATP itu beralasan kalau perihal pemberian bantuan itu adalah tanggung jawab organisasi cabang olahraga yang menaungi para petenis profesional.

Matteo Berrettini menilai kalau tidak harus membantu finansial petenis lain

Sebelumnya, petenis nomor wahid dunia, Novak Djokovic telah mendesak petenis lain untuk ikut berkontribusi dalam pendanaan yang dibentuk oleh badan pengelola olahraga untuk membantu petenis tingkat bawah. Petenis tingkat bawah tak mendapat pemasukan akibat dari dihentikannya turnamen sejak bulan Maret lalu. Sementara Berrettini memikirkan skala prioritas, hal ini bukan berarti dia tidak menghormati pemain lain, akan tetapi dia tahu tidak ada pemain dalam olahraga apapun yang harus membantu pemain lain secara finansial.

Petenis yang lahir pada 12 April 1996 di Roma, Italia itu mengira kalau perihal bantu membantu  tersebut adalah tanggung jawab pihak federasi, ITF, ATP, dan WTA. Menurutnya, para pihak organisasi – oragnisasi tersebutlah yang harus membantu dan bukan para pemain. Sebab para pemain membayar mereka dengan penampilan saat dilapangan. Petenis yang meraih peringkat delapan pada 4 November 2019 itu mengatakan dengan tegas kalau  merekalah, ITF dan kawan – kawan yang berkewajiban membantu para atlet tenis.

Organisasi tenis dunia kumpulkan dana bantuan untuk petenis bawah

Baru – baru ini organisasi tenis dunia telah mengumpulkan lebih dari US $ 6 juta atau sekitar Rp 88,5 milyar untuk membantu petenis peringkat bawah. Hal ini dikarenakan para atlet tenis peringkat bawah mayoritas hanya bergantung pada kemenangan di turnamen untuk mencari nafkah. Dengan dihentikan atau ditiadakannya turnamen akibat pandemi corona membuat mereka tidak memiliki penghasilan. Federasi tenis Internasional (ITF) mengatakan kalau pihaknya sedang mengerjakan langkah – langkah tambahan, termasuk juga dana bantuan baru untuk membantu petenis dengan peringkat antara 501 dan 700 yang tidak tercakup dalam program bantuan lainnya.

Sebelum Matteo Berrettini, petenis peringkat tiga dunia, Dominic Thiem juga menolak jika petenis peringkat atas harus membantu pesaing yang berada peringkat bawah. Dia beralasan bahwa yang paling mendesak memerlukan bantuan adalah masyarakat. Dia mengatakan kalau dirinya akan menginvestasikan uang dengan cara yang berbeda untuk membantu pemain peringkat rendah. Thiem secara pribadi lebih suka membantu karena alasan lain yang lebih spesifik dalam hal ini masyarakat yang menjadi korban virus corona. Memang sebelumnya Thiem diketahui sudah berbicara dengan Djokovic, hasil dari pembicaraan itu Thiem mengatakan  kalau donasi itu tidak wajib sementara petenis yang ingin berpartisipasi juga dipersilahkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here