Pernyataan Optimis Susy Susanti Pada Tim Bulu Tangkis Di Kejuaraan Dunia Junior

FFSPORTZ.COMTimnas Bulutangkis Junior Indonesia – Pandemi corona memang membuat semua aktivitas manusia menjadi terganggu dan bahkan terhenti. Apalagi untuk acara seperti olahraga, termasuk bulu tangkis. Sejak All England 2020 kemarin, pihak penyelenggara event yaitu BWF belum mengonfirmasi tentang turnamen berikutnya, jadi keseluruhan turnamen BWF masih ditangguhkan hingga waktu yang belum ditentukan. Pihak Federasi Bulu Tangkis Dunia atau BWF juga berikan suaranya untuk Kejuaraan Dunia Junior 2020. Mereka belum memberi kepastian tentang penyelenggaraan Kejuaraan Junior Bulu Tangkis. Meskipun begitu, Susy Susanti, selaku Kepala Bidang pembinaan dan Prestasi PP PBSI menyatakan kalau pihaknya sedang mempersiapkan tim junior menuju perhelatan paling bergengsi di kelas U-19 itu.

Tantangan khusus atlet bulu tangkis junior Indonesia

Dalam situasi seperti ini, Susy memberikan pernyataan kalau ada tantangan tersendiri yang dihadapi para atlet untuk Kejuaraan Dunia Junior yang akan datang. Satu dari sekian banyak tantangan yang paling mengena yaitu jam terbang pemain bulu tangkis berkurang sebab banyak event yang di batalkan dan bahkan dihentikan karena pandemi corona. Harap untuk diketahui bahwa Kejuaraan Dunia Junior dijadwalkan pada 28 September hingga 11 Oktober 2020 di Auckland, Selandia Baru.

Sejumlah persiapan tim junior telah dilakukan PBSI sebelum wabah Covid-19 menyebar, yaitu dengan mengirim skuat muda ke berbagai turnamen junior di Eropa seperti kemarin Italian Junior, Dutch Junior dan German Junior 2020. Dari beberapa turnamen junior di Eropa kemarin, timnas bulu tangkis Junior Indonesia telah mendapatkan hasil yang lumayan bagus. Bisa di katakan kalau atlet bulu tangkis Junior Indonesia mampu untuk bicara banyak di kancah bulu tangkis junior dunia.

Indonesia berpastisipasi di berbagai turnamen junior sebagai langkah persiapan

Dengan berpartisipasi di berbagai ajang turnamen bulu tangkis Junior dunia, membuat para atlet bulu tangkis Junior Indonesia akan mengetahui siapa lawan – lawan mereka nanti. Susy mengatakan kalau persiapan tim junior sudah dilakukan sejak awal tahun dan juga ingin pemain muda Indonesia bisa mengumpulkan poin sebanyak – banyaknya menuju Kejuaraan Dunia Junior.  Hingga saat ini banyak pihak yang menunggu BWF merilis jadwal pertandingan terbaru, dan sejaug ini hanya Olimpade Tokyo serta Piala Thomas dan Uber 2020 yang sudah dipastikan waktu penyelenggaraannya.

Untuk di Asia sendiri, ada kejuaraan bulutangkis Asia Junior yang awalnya berlangsung pada 11 – 19 Juli 2020 di Suzhou, China. Kejuaraan Asia Junior bisa dimanfaatkan baik bagi atlet untuk menuju di Kejuaraan Dunia Junior. Dengan situasi pandemi corona yang belum menampakan penurunan, ditambah belum adanya informasi terbaru tentang Kejuaraan Bulu Tangkis Junior dari BWF, Susy menyatakan sepertinya pesimis untuk menggelar Kejuaraan Dunia. Dan bahkan akan menyusul turnamen senior lainnya yaitu akan diadakan pembatalan dan juga penghentian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here